Kamis, 6 Oktober, 2022

Muhadjir Effendy: Presiden Ingin Mudik 2022 Dipersiapkan Matang

MONITOR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, menyatakan Presiden Joko Widodo mengarahkan jajaran menterinya untuk serius mempersiapkan mudik tahun 2022. Hal itu dikemukakan Muhadjir usai melakukan Rapat Terbatas yang dipimpin langsung oleh Jokowi, Rabu (6/4/2022).

“Rapat Terbatas dipimpin langsung oleh Bapak Presiden dan membahas beberapa hal yang berkaitan dengan persiapan mudik tahun 2022, yaitu yang pertama tentang persiapan mudik lebaran, kemudian persiapan penyaluran bansos (bantuan sosial), dan juga untuk peningkatan cakupan vaksinasi dan kebutuhan vaksin di wilayah asal mudik maupun tujuan mudik. Di dalam Ratas tadi juga membahas tentang kesiapan berkaitan dengan logistik dan juga transportasi,” ujar Muhadjir Effendy, dalam keterangan persnya.

Dalam mempersiapkan penyelenggaraan mudik, Muhadjir mengulas instruksi Jokowi bahwa penyelenggaraan mudik ini harus disiapkan dengan baik serta mengantisipasi lonjakan jumlah pemudik.

“Beliau telah berpesan agar disiapkan dengan matang oleh seluruh kementerian terkait dan lembaga terkait, mengingat berdasarkan proyeksi atau prediksi dari hasil survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan angka yang akan melaksanakan mudik itu berkisar antara 76-86 juta warga Indonesia yang akan melaksanakan mudik Idulfitri setelah dua tahun absen tidak ada mudik,” terangnya.

- Advertisement -

Lebih jauh, mantan Mendikbud RI ini menyatakan Presiden Jokowi juga meminta jajarannya untuk memperhatikan ketersedian dua hal, yaitu pertama, bahan pangan dan kedua, bahan bakar minyak (BBM).

“Tadi dari kementerian-kementerian yang terkait sudah melaporkan tentang kesiapannya dan insyaallah sebagian besar sudah siap. Ada beberapa hal lagi yang masih sifatnya akan disempurnakan atau diperbaiki untuk menyongsong terutama mudik tahun 2022 ini,” imbuh Muhadjir.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER