Kamis, 25 April, 2024

Selama Ramadan, Pemerintah dan Pertamina Pastikan Stok BBM Aman

MONITOR, Jakarta – Selama bulan Ramadan berlangsung, pemerintah bersama Pertamina berupaya tetap menjaga agar pasokan BBM aman tersedia, termasuk jenis Pertalite. Bahkan, stok BBM jenis solar juga akan ditingkatkan cadangannya.

Komitmen itu disampaikan Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Agung Pribadi, dikutip dari laman Kementerian ESDM, Senin (04/04/2022).

“Pemerintah menjamin tersedianya BBM dan melakukan koordinasi dengan badan usaha dalam hal ini Pertamina. Pertamina telah melakukan pengecekan langsung ke lapangan dalam rangka terjaminnya ketersediaan BBM serta mengantisipasi peningkatan kebutuhan khususnya di bulan Ramadan ini,” ujarnya.

Agung menjelaskan, pemerintah telah mengambil beberapa langkah strategis, diantaranya menerbitkan Keputusan Menteri ESDM Nomor 45.K/HK.02/SJN.H/2022 tanggal 24 Januari 2022 tentang Tim Gugus Tugas Pengawasan Penyediaan dan Pendistribusian BBM, serta melaksanakan koordinasi dan pengawasan bersama antara Ditjen Migas Kementerian ESDM, Tim BPH Migas, dan Pertamina di beberapa daerah yang terjadi antrean/kelangkaan Solar.

- Advertisement -

“Upaya lainnya adalah melakukan monitoring stok bahan bakar migas melalui command center, koordinasi Pertamina dengan penegak hukum dan pemerintah daerah,” jelas Agung.

Tidak hanya itu, lanjut Agung, seluruh Direksi Pertamina juga telah melakukan pengecekan langsung di berbagai SPBU serta sarana dan fasilitas terminal BBM yang tersebar di Indonesia, antara lain di wilayah Jambi, Sumatra Selatan, Sumatra Utara, Riau, Sumatrra Barat, Lampung dan Bengkulu. Pengecekan juga dilakukan di Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Selatan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER