Sabtu, 4 Februari, 2023

Megawati Wajibkan Seluruh Kadernya Siaga Atasi Bencana

MONITOR, Jakarta – Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, menginstruksikan seluruh kadernya untuk selalu siap siaga menghadapi musibah di Tanah Air. Instruksi Megawati tertera jelas dalam Surat Perintah Harian yang berisikan lima poin.

Perintah pertama, seluruh Kepala Daerah, Wakil Kepala Daerah, Pimpinan DPRD, Kader dan Anggota Partai di seluruh Indonesia pada setiap tanggal 26 harus mengadakan Simulasi Penanganan Bencana, yang pelaksanaannya bekerjasama dengan instasi terkait penanganan bencana.

Kedua, khusus Kepala Daerah dari PDI Perjuangan dan/atau Struktural DPC/DPD PDI Perjuangan, harus dapat bekerja sama dengan BMKG, Dinas Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM, BNPB, Basarnas, perguruan tinggi, dan instansi pemerintah lainnya.

Ketiga, dalam surat tersebut disebutkan PDI Perjuangan mendorong adanya kebijakan tata ruang, desain bangunan tahan gempa, ketaatan terhadap pemenuhan ketentuan garis sepadan pantai, garis sepadan sungai, garis sepadan jalan dan garis sepadan bangunan.

- Advertisement -

“Keempat, mendorong pelaksanaan kebijakan tas siaga bencana, desa sadar bencana, desa siaga bencana, dan penguatan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan dengan cadangan logistik yang diperlukan manakala terjadi bencana,” demikian arahan Megawati dalam suratnya.

Terakhir, seluruh kader harus konsisten melakukan pemulihan lingkungan melalui gerakan penghijauan di hulu sungai dan restorasi lahan kritis.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER