Selasa, 7 Mei, 2024

Di Musrenbang, Anies Ingin Jakarta jadi Kota Berdaya Saing Global

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memiliki harapan bagi kota metropolitan Jakarta. Meskipun kedepan Jakarta tak lagi menjadi pusat pemerintahan, namun ia berharap Jakarta menjadi kota berdaya saing global.

Hal itu disampaikan Anies ketika membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota/Kabupaten Administrasi Tahun 2023 yang mengusung tema “Akselerasi Keunggulan Jakarta untuk Mewujudkan Kota Berdaya Saing Global yang Berketahanan, Inklusif, dan Berkeadilan”, Selasa (29/3/2022).

“Kita menyadari bahwa pusat pemerintahan nantinya tidak lagi berada di Jakarta, dan Jakarta akan jadi pusat kegiatan ekonomi, budaya, dan simpul lintas suku bangsa ada di tempat ini,” ujar Anies dalam sambutannya.

Ia mengingatkan bahwa Jakarta merupakan pintu gerbang Indonesia ke dunia dan pintu gerbang dunia masuk ke Indonesia. “Kita ingin kota Jakarta terus menyiapkan semua infrastrukstur, baik keras maupun lunak untuk menjadi kota berdaya saing global,” ucap Anies.

- Advertisement -

Selain penyiapan infrastruktur, dikatakan Anies, untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota global, segala permasalahan kota juga harus ditemukan solusinya, termasuk menyiapkan ekosistem yang memfasilitasi pertumbuhan ekonomi merata dan ketahanan terhadap berbagai tantangan termasuk bencana.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER