Jumat, 19 April, 2024

Dorong Digitalisasi UKM, Jokowi: Ini Tak Bisa Ditawar Lagi

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo menyatakan saat ini berbagai tantangan ketidakpastian global mengakibatkan semua negara mengalami kesulitan ekonomi.

Oleh karena itu, Jokowi memerintahkan kepada para menteri, kepala lembaga, kepala daerah, dan BUMN untuk terus memacu pertumbuhan ekonomi nasional dengan memanfaatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), serta anggaran BUMN untuk membeli produk dalam negeri.

“Ya, produk dalam negeri. Saya memberi target hingga Mei 2022, anggaran sebesar Rp400 triliun dapat digunakan untuk pembelian barang dari dalam negeri,” ujar Jokowi dalam keterangannya, Jumat (25/3/2022).

Selain itu, Jokowi juga meminta Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk menyediakan berbagai macam produk yang dibutuhkan oleh pemerintah dalam platform yang tersedia.

- Advertisement -

“Ini tidak bisa ditawar-tawar lagi. Segera juga dorong UKM-UKM di daerah itu untuk masuk ke e-Katalog sebanyak-banyaknya,” pintanya.

Jokowi menambahkan, sebanyak 40 persen anggaran-anggaran tersebut digunakan untuk membeli produk dalam negeri, bahkan sudah bisa memacu pertumbuhan ekonomi kita seraya membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER