Jumat, 29 Maret, 2024

Jakarta jadi Tuan Rumah U20 Sherpa, Anies: Ini Sebuah Kehormatan

MONITOR, Jakarta – Jakarta menjadi tuan rumah pelaksanaan Urban 20 Sherpa meeting, yang merupakan rangkaian menuju U20 Mayor Summit 2022. Pertemuan tingkat tinggi ini dihadiri oleh para pemimpin kota dunia anggota presidensi G20 dan 37 perwakilan kota pengamat.

Diamanahi sebagai tuan rumah forum U20, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan tentu merasa senang.

“Adalah kehormatan bagi Jakarta menjadi tuan rumah pertemuan U20 Sherpa setelah pertemuan di Roma dan Milan. Jakarta dan Jawa Barat sebagai co chair U20 tahun 2022 akan terus mendorong pemimpin kota untuk bersuara, berkolaborasi, dan menyampaikan rekomendasi bersama soal isu krusial di aspek lingkungan, sosial dan ekonomi kepada pemerintah Indonesia saat presidensi G20,” ujar Anies dalam forum tersebut, Rabu (23/3/2022).

Ia menjelaskan, pertemuan U20 ini akan fokus pada enam isu, diantaranya pemulihan ekonomi-sosial, pemulihan kesehatan mental pasca- Covid-19, mobilitas transportasi, energi terbarukan, perumahan terjangkau, dan pekerjaan di masa depan.

- Advertisement -

Forum U20 ini, dikatakan Anies, memiliki peran penting untuk membangun aksi kolektif dan pemahaman kolaboratif antara wali kota/gubernur kota-kota di U20 dan mitra internasional lain.

“Peran kita adalah menginformasikan dan merekomendasikan kepada para pemimpin negara G20 melalui U20 komunike,” ucap Anies.

Menurut Anies, disaat dunia sedang menghadapi masa-masa sulit yang membutuhkan perhatian lebih, isu-isu penting untuk memastikan solusi jangka panjang untuk kota-kota dan pemerintahan dalam G20 juga perlu diperhatikan.

“Ini adalah kesempatan langka bagi pemerintah lokal dan nasional memiliki integrasi vertikal untuk saling mendukung, menerjemahkan kesepakatan global menjadi kebijakan, ke dalam program, yang menguntungkan bagi masyarakat,” pungkas Anies.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER