Jumat, 17 Mei, 2024

Lewat Creative Hub Samosir, Sandiaga Ingin Bangkitkan Ekonomi Kreatif

MONITOR, Samosir – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, meresmikan Creative Hub Samosir. Keberadaan Creative Hub Samosir ini, dikatakan Sandiaga, sebagai wujud komitmen dan konsistensi pemerintah dalam membangkitkan ekonomi kreatif pasca pandemi.

“Creative Hub ini satu terobosan untuk kebangkitan nasional kita, membuka peluang usaha, dan lapangan kerja. Dan memastikan kehadiran program pemerintah yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu,” ujar Sandiaga Uno saat meresmikan Creative Hub Samosir.

“Bersama Pak Presiden Jokowi kita menata tatanan ekonomi baru pasca pandemi dan kita harus segera bangkit,” ujarnya bersemangat.

Sandiaga Uno mengungkapkan Creative Hub Samosir merupakan wadah kreativitas bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk mengembangkan ide dan bisnis. Creative Hub Samosir berlokasi di Pantai Indah Situngkir, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

- Advertisement -

Ia juga menjelaskan, Creative Hub Samosir juga bisa dimanfaatkan untuk membangun jejaring, berorganisasi, dan mempererat ikatan intern komunitas maupun antar komunitas subsektor ekonomi kreatif.

Creative Hub Samosir seluas 460 meter persegi ini, kata Sandiaga, dibangun melalui mekanisme Bantuan Pemerintah (Banper) pada tahun 2021 itu dapat dimanfaatkan masyarakat.

Sejumlah fasilitas yang terdapat di Creative Hub Samosir diharapkannya dapat digunakan untuk pelatihan, workshop, diskusi, atau aktivitas lain yang dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan.

“Creative Hub ini jangan sampai sepi, karena ini milik rakyat dan dana dari pemerintah, sehingga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ujar Sandiaga Uno.

Sandiaga juga mengapresiasi Horas Samosir Fiesta yang digelar bersamaan. Kolaborasi ini sebagai bentuk sinergi antar stakeholders untuk memajukan daerah Samosir sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas.

“Peluncuran Horas Samosir Fiesta ini diharapkan bisa membangkitkan semangat pelaku ekonomi kreatif di Samosir. Dengan menggagas event-event saya yakin membangkitkan ekonomi,” ujarnya.

Mantan Wagub DKI Jakarta ini berharap Danau Toba juga nantinya dapat menggelar event internasional seperti yang dilakukan Mandalika.

“Kita akan hadirkan event-event internasional seperti Formula One di atas air. Kalau Mandalika punya MotoGP, mudah-mudahan tahun depan kita bisa hadirkan Formula One di atas air di Danau Toba,” ujarnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER