Jumat, 3 Februari, 2023

Sandiaga Uno Lepas 10 Bikers Touring ke Sirkuit Mandalika

MONITOR, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, melepas rombongan bikers yang bakal melakukan touring sejauh 1.500 km ke Sirkuit Pertamina Mandalika.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyambut gelaran MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia, akhir pekan ini.

“Kami mengapresiasi kegiatan Mandalika Wonderful Ride ini dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan MotoGP Mandalika sebagai event kebanggaan kita. Apalagi ada program membersihkan sampah di tribun penonton serta toilet di area sirkuit sehingga tetap nyaman untuk dikunjungi dan terawat sebagai salah satu destinasi wisata prioritas,” ujar Sandiaga.

Mantan Wagub DKI Jakarta ini menuturkan penyelenggaraan MotoGP Mandalika harus berdampak juga pada ekonomi kerakyatan di wilayah Lombok.

- Advertisement -

“Silahkan eksplorasi dan nikmati pesona daerah-daerah wisatanya sekaligus membeli produk hasil kerajinan warga baik souvenir maupun kulinernya,” ujar Sandiaga.

Sandiaga juga berharap kegiatan ini dapat menggaungkan berwisata #DiIndonesiaAja, sehingga pariwisata semakin menggeliat dan membangkitkan ekonomi dengan terbukanya lapangan kerja.

Perjalanan touring Mandalika Wonderful Ride akan berlangsung sejak 15 – 25 Maret 2022. Kegiatan ini melibatkan 10 bikers yang nantinya akan turut mempromosikan jalur-jalur touring bermotor serta potensi wisata juga sarana pendukungnya di berbagai daerah yang dilewati.

Salah satu misi perjalanan ini adalah membersihkan area tribun dan toilet di Sirkuit Pertamina Mandalika. Hal ini bertujuan untuk turut menggugah dan mengajak para penonton agar tetap ikut merawat kebersihan sirkuit ini sebagai salah satu aset berharga untuk dunia motorsport dan wisata Indonesia.

Rombongan yang dipimpin NaikMotor dan Indoclub akan mengunjungi beberapa destinasi wisata dan budaya kearifan lokal di Lombok seperti Pantai Selong Belanak, Desa Wisata Tete Batu, serta pusat kerajinan Songket.

Selain itu rombongan touring ini akan mengajak komunitas motor lokal untuk memberikan edukasi seputar pengolahan daur ulang sampah dalam rangka membuka peluang kerja bagi masyarakat lokal. Hal ini sebagai salah satu bagian dari program Kemenparekraf yakni Gerak Bersama atau Geber Komunitas Kebangkitan Ekonomi Lapangan Kerja.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER