Selasa, 6 Desember, 2022

Sudah Resmi Dilantik, Ini Profil Kepala Otorita IKN dan Wakilnya

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo sudah menetapkan Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara. Kedua pejabat tersebut dilantik oleh Jokowi di Istana Negara, Jakarta, pada Kamis (10/3/2022) lalu.

Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe akan memimpin IKN Nusantara di awal periode ini selama lima tahun kedepan.

Dilihat dari rekam jejaknya, Bambang bukanlah sosok baru di lingkungan pemerintahan. Rupanya ia pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) pada tahun 2009 di masa pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Alumni dari Fakultas Teknik Sipil Institute Teknologi Bandung (ITB) 1987 ini cukup dipercaya menggawangi sektor perhubungan karena ia memiliki keahlian di bidang transportasi. Bambang juga diketahui memiliki latar belakang pendidikan S2 Teknik Transportasi di University of California, Amerika Serikat.

- Advertisement -

Selanjutnya ia menempuh pendidikan doktoralnya dan menyelesaikannya pada tahun 2000 dengan meraih gelar doktor di bidang perencanaan infrastruktur dari Universital California, Berkeley.

Sementara Dhony sudah cukup lama berkecimpung di dunia properti. Ia menjabat Managing Director of President Office of Sinar Mas Land. Ia juga pernah mendampingi Kepala Bappenas Suharso Monoarfa ketika melakukan studi banding ke BSD City pada persiapan pemindahan ibu kota.

Namun ketika ditunjuk sebagai Wakil Kepala Otorita IKN, Dhony Rahajoe memilih mundur dari semua jabatannya di perusahaan raksasa tersebut.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER