Jumat, 19 April, 2024

Usai Dikunjungi Ganjar, Desa Terpencil di Jateng Ramai Wisatawan hingga Raup Rp75 Juta per Bulan

MONITOR, Klaten – Tak disangka, sebuah desa yang semula terpencil, berada di lereng Gunung Bibi, Kabupaten Klaten, menjadi ramai dikunjungi wisatawan. Bahkan saat ini pendapatan dari kegiatan wisatawan di wilayah tersebut mencapai Rp75 juta per bulan.

Ya, itulah Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten. Berada di paling ujung, desa ini memiliki keindahan panorama pegunungan. Jembatan gantung dan gondola yang menjadi akses warga Dusun Girpasang, yang terpisah karena tebing, menjadi daya tarik tersendiri.

Ramainya orang yang berwisata, bermula saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkunjung ke Girpasang. Pengalaman di Girpasang itu kemudian dibagikan Ganjar melalui akun media sosialnya. Akhirnya, banyak wisatawan yang berbondong-bondong ke desa itu.

Angga, salah seorang wisatawan asal Magelang mengaku datang ke Girpasang karena penasaran setelah melihat media sosial Ganjar.

- Advertisement -

“Memang ingin main ke sini, setelah tahu dari media sosialnya Pak Ganjar,” katanya, Minggu (6/3/2022).

Menurut Angga, wisata Girpasang bagus karena punya jembatan gantung dan gondola.

“Tempatnya bagus sih. Dari perjalanan yang cukup jauh, akhirnya terbayar lunas sampai sini,” paparnya.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Tegalmulyo, Subur menuturkan bahwa impian warga untuk menjadikan Tegalmulyo sebagai desa wisata terwujud berkat Gubernur.

“Kita memang sudah lama ingin menjadikan desa wisata. Tapi itu terwujud berkat Pak Ganjar. Setelah berkunjung ke sini, akhirnya jadi ramai dan menjadi tempat wisata,” ungkapnya.

Saat ini, imbuh Subur, Pokdarwis mampu mengumpulkan pendapatan hingga Rp75 juta per bulan dari kegiatan wisata.

“Pendapatan dari gondola itu sekitar Rp75 juta per bulan. Tiket naik per orang itu Rp15 ribu,” jelasnya.

Pihaknya berharap, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bisa kembali berkunjung ke desanya.

“Semua ini upaya keras dari Pak Ganjar. Kami berharap bisa datang ke sini. Kami ingin menyampaikan terima kasih secara langsung kepada beliau,” tandas Subur.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER