Sabtu, 27 April, 2024

TNI AL Gencar Lakukan Serbuan Vaksin Keliling

MONITOR, Jakarta – TNI Angkatan Laut. Akhir pekan bukan menjadi suatu penghalang bagi Tenaga Kesehatan  Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX Ambon untuk mengabdi demi tercapainya Indonesia sehat dan pemulihan stabilitas ekonomi nasional. Hal ini terlihat dari mobilitas tim vaksinator Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX Ambon yang membuka gerai vaksinasi Covid – 19 di Maluku City Mall (MCM), Hative Kecil, Sirimau, Kota Ambon, Maluku. Sabtu (05/03/2022).

Bukan hanya pekerja mall saja yang menjadi sasaran target vaksinasi mobile itu, pengunjung pusat perbelanjaan dari golongan usia remaja sampai lansia juga terlihat turut serta antri dan tampak santai menunggu giliran mendapatkan suntikan booster maupun dosis primer lengkap vaksin Covid – 19. Tentunya setelah melewati prosedur skrining vaksinasi Virus Corona yang dilakukan oleh tenaga medis yang melayani ditempat vaksin tersebut.

Gelaran vaksin ini juga merupakan realisasi perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam upaya membantu program pemerintah tentang vaksinasi nasional sekaligus memberikan kekebalan kelompok kepada masyarakat agar terhindar dari penularan Covid – 19.

Lebih lanjut, sebagai bentuk loyalitas prajurit serta pengabdian kepada bangsa dan negara. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX (Danlantamal IX) Ambon Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., memerintahkan kepada seluruh jajaran Lantamal IX Ambon agar secara konsisten baik di pangkalan maupun di tempat – tempat umum mendukung dan melaksanakan program vaksinasi nasional Covid – 19, tentu dalam pelaksanaannya selalu bersinergi dan berkoordinasi dengan stakeholder dan pemerintah daerah setempat demi kelancaran serta tepat sasaran saat memberikan vaksinasi kepada masyarakat.

- Advertisement -

Pada gelaran vaksinasi yang menargetkan capaian 100 dosis itu, Lantamal IX Ambon menurunkan 7 orang vaksinator dari Rumkital dr. F. X. Suhardjo Lantamal IX Ambon yang siap melayani warga menggunakan vaksin jenis Pfizer untuk suntikan booster dan Vaksin Sinovac untuk sediaan dosis primer lengkap bagi warga yang belum mendapatkannya.

Strategi yang dilaksanakan Lantamal IX Ambon dengan pemberian vaksinasi kepada masyarakat secara massal turun ke lokasi keramaian merupakan salah satu langkah yang tepat untuk menanggulangi penyebaran Covid – 19 dan tercapainya kekebalan komunal serta mendorong pemulihan stabilitas ekonomi nasional. Sampai berakhirnya kegiatan vaksinasi mobile ini, tidak ditemukan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). (Dispen Lantamal IX).

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER