Sabtu, 13 Agustus, 2022

Jokowi Harap Industri Otomotif Dalam Negeri Gaet Pasar Baru

MONITOR, Karawang – Presiden Joko Widodo mengapresiasi kesungguhan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia dalam memproduksi jutaan unit mobil. Apresiasi itu disampaikan Jokowi meninjau kegiatan produksi di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia di Karawang, Jawa Barat, Selasa (15/2/2022) kemarin.

Dalam agenda itu, Jokowi melepas ekspor perdana mobil Toyota Fortuner ke Australia. Ekspor ke Australia merupakan langkah PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia mengambil peluang, menggaet pasar-pasar baru, di tengah pandemi Covid-19.

Diketahui, perusahaan ini telah mencatatkan volume ekspor sebesar dua juta unit mobil secara kumulatif.

“Ini membuktikan bahwa SDM-SDM Indonesia memiliki kualifikasi yang baik dalam memproduksi mobil. Sangat teliti, cermat, dan hati-hati karena ini menyangkut keselamatan orang,” ujar Jokowi di lokasi.

- Advertisement -

Jokowi menjelaskan, banyak komponen dan aksesoris di dalam mobil-mobil itu disuplai dari industri-industri UKM di Tanah Air.

“Saya senang juga bahwa kandungan lokalnya, TKDN-nya sudah lebih dari 75 persen. Banyak komponen dan aksesoris di dalam mobil-mobil itu disuplai dari industri-industri UKM kita. Dan ini menghidupkan usaha-usaha kecil yang ada di negara kita,” tukas Jokowi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER