Kamis, 25 April, 2024

Jabat Dandim Depok, ini Profil Kolonel Inf Elvino Yudha Kurniawan

MONITOR, Depok – Kolonel Inf Elvino Yudha Kurniawan telah resmi menjabat sebagai Komandan Distrik Militer (Dandim) 0508/Depok menggantikan Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunte.

Elvino resmi memimpin Kodim Depok setelah menjalani serah terima jabatan (sertijab) yang dipimpin Danrem 051/Wijayakarta Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto di Makorem 051/Wijayakarta, Senin (14/02/2022).

Sebelumnya Elvino menjabat sebagai Komandan Grup 3 Komando Pasuskan Khusus atau Kopassus di Cijantung, Jakarta Timur.

Saat berpangkat Letkol, Elvino tercatat pernah menjabat sebagai Dandim 1309/Manado. Ia juga pernah mengemban posisi Komandan Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 712/Wiratama, Kodam XIII/Merdeka.

- Advertisement -

Bapak dari Timothy Sandi Kurniawan ini merupakan pria kelahiran Magelang, 5 Juni 1977. Ia merupakan abituren Akademi Militer tahun 1999, satu angkatan dengan Dandim Depok periode 2017-2018, Moch. Iskandarmanto.

Mengutip dari berbagai sumber, Elvino merupakan perwira TNI AD yang pernah mengemban sejumlah jabatan strategis, khususnya di Kopassus.

Tahun 2002-2004, saat berpangkat Letnan, Elvino tercatat pernah menjabat sebagai Komandan Peleton (Danton) di Grup 2 Kopassus, di Sukoharjo, Jawa Tengah.

Selain itu, suami dari Hotma Mahutala J Silaen ini juga pernah mengemban jabatan sebagai Komandan Kompi atau Danki di Grup 2 Kopassus.

Saat berpangkat Letkol, Elvino tercatat pernah menjabat sebagai Komandan Batalyon Taruna (Danyontar) Akademi Militer di Magelang, Jawa Timur.

Usai menjabat Danyontar, pria yang akrab disapa Vino ini sempat mengamban posisi sebagai Pabandya-2/Siaga Spaban III/Siapsat Sopsat di Mabes AD, yang kemudian dipromosikan menjabat sebagai Komandan Grup 3 Kopassus.

Kini, Elvino Yudha Kurniawan telah resmi menjabat sebagai Dandim 0508/Depok menggantikan Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunte yang dipromosikan menjadi Asintel Kepala Staf Kodam (Kasdam) Iskandar Muda di Provinsi Aceh.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER