Jumat, 29 Maret, 2024

Di Jakarta, Anies Akui Kasus Harian Omicron Lebih Tinggi dari Delta

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengakui tingkat penyebaran kasus harian virus Omicron lebih tinggi dari kasus Delta pada Juli 2021 lalu

Disebutkan Anies, tercatat pada Minggu (6/2/2022) kemarin, kasus baru harian di DKI mencapai 15.825 jiwa. Angka ini lebih tinggi dibanding puncak kasus baru pada Juli 2021 yaitu 14.619 kasus.

“Jadi, kemarin angka kasus Covid-19 harian sudah melampaui puncak kasus harian di bulan Juli. Ini artinya penularannya sangat cepat,” ujar Anies di Pendopo Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (7/2/2022).

Kendati demikian, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini meminta masyarakat untuk tidak panik. Pasalnya, walaupun keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan COVID-19 sudah mencapai 60 persen, tapi mayoritas pasien bergejala ringan.

- Advertisement -

Dalam kasus Omicron ini, memang tingkat penularannya cukup tinggi namun tingkat keparahan pada pasien itu tidak tinggi. Oleh karena itu Anies ingatkan warganya untuk tidak perlu panik.

“Artinya, bila terpapar positif, maka lihat gejalanya,” ungkap Anies.

Orang nomor satu di Jakarta ini pun menyarankan kepada masyarakat bila dalam pemeriksaan PCR menunjukan hasil positif namun tak mempunyai gejala. Alangkah baiknya, dilakukan isolasi mandiri di rumah.

“Kalau perlu datangi fasilitas kesehatan, bila gejalanya ringan atau tanpa gejala sekalipun maka lakukan isolasi mandiri di rumah. Jika tidak ada tempat maka hubungi gugus tugas di RW untuk dapat tempat isolasi terpadu,” imbuhnya.

Karenanya, saat asesmen level PPKM di Jakarta meningkat menjadi Level 3, Anies meminta masyarakat untuk meningkatkan kepatuhan penerapan protokol kesehatan.

“Masker jangan dilepas hindari potensi kerumunan dan kurangi bepergian bila tidak esensial. Bila tidak esensial maka di rumah saja. Jika bisa dilakukan secara virtual. Itu intinya. Lalu tentang vaksinasi di Jakarta sudah bisa kita lihat angkanya. Kita insyaallah angka vaksinasi relatif aman,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER