Minggu, 27 November, 2022

Tokoh Muda Alkhairaat: Pemerintah Sulteng Harus Sigap Menyikapi IKN

MONITOR, Palu – Rencana pemerintah memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur mendapatkan respon dari Tokoh Muda Alkhairaat, Habib Moh. Sadig al-Habsyi. Dalam pandangannya, pemindahan IKN merupakan peluang bagi Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) hingga harus segera disikapi.

“Kita belum melihat ada langkah konkret dari Pemrov Sulteng dalam menyambut pemindahan IKN ke Kaltim. Padahal, secara geografis, Sulteng merupakan daerah yang dekat serta dapat berperan sentral bagi IKN,” ujarnya di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (2/2/2022).

Dalam pandangan Habib Sadig, Sulteng memiliki semua sumber daya pendukung yang dibutuhkan oleh IKN. “Selain dekat, Sulteng memiliki sumber daya alam yang melimpah, khususnya dari hasil pertanian dan perkebunan sehingga layak menjadi pemasok utama kebuatan pangan di IKN nanti,” imbuhnya.

Atas potensi di atas, tokoh muda Alkhairaat itu meminta Pemerintah Sulteng sigap terhadap peluang-peluang yang ada.

- Advertisement -

“Pemrov Sulteng harus segera menyikapi pemindahan IKN dengan meningkatkan kapasitas petani serta menyiapkan infrastruktur distribusi hasil pertanian hingga ke wilayah IKN nanti. Bila tidak memiliki anggaran, saya kira kita bisa melibatkan swasta lewat mekanisme investasi,” lanjutnya.

Sebagai bentuk konkret kepeduliannya pada peluang Sulteng berperan bagi IKN, Habib Sadig akan menggelar diskusi tentang peluang investasi provinsi tersebut.

“Kami akan mengundang Tenaga Ahli Bidang Ekonomi dan Investasi, Bapak Ronny Tanusaputra, untuk memaparkan peluang dan dampak investasi bagi masyarakat di Sulteng. Diskusi ini akan kami selenggarakan offline dan online, sehingga masyarakat dapat mengikuti dari mana saja,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER