Minggu, Mei 29, 2022

Prajurit Satgas Satria Musara Bantu Warga Bangun Honai di Nduga

MONITOR, Nduga – Prajurit TNI Satgas Yonif Raider Khusus 114/Satria Musara bembantu membangun Honai warga di Kampung Silan Distrik Dal, Kabupaten Nduga, Papua, Sabtu (22/01/2022).

Komandan Tim (Dantim) Pos Grinbun, Satgas Yonif RK 114/ Satria Musara Sertu Siswanto, mengatakan, Honai yang dibangun merupakan milik Bapak Mes Poknniangge, warga asli Kampung Silan Distrik Dal.

Dia menjelaskan, kegiatan yang dilakukan Satgas Yonif RK 114/ Satria Musara tersebut merupakan wujud kepedulian TNI terhadap warga masyarakat. Terlebih, bagi warga yang tidak memiliki honai.

Untuk diketahui, Honai merupakan rumah adat Papua, khususnya di wilayah pegunungan. Rumah Honai biasanya terbuat dari kayu dan anyaman. Sedangkan, atapnya berbentuk kerucut.

- Advertisement -

“Dengan berbekal Ketulusan dan keikhlasan serta kesadaran akan arti kehadiran kami di tanah Papua, kami prajurit TNI adalah tentara rakyat dan selalu ada bersama untuk membantu rakyat dimanapun berada,” kata Siswanto dalam keterangan resminya kepada MONITOR, dikutip Minggu (23/01/2022).

Disebutkannya, dengan keterbatasan yang dimiliki, tidak membuat prajurit TNI Pos Grinbun Satgas Yonif RK 114 Satria Musara untuk terus berbuat baik, membantu dan meringankan beban warga selama berada di wilayah penugasan.

Lebih lanjut Siswanto menjelaskan, potret kebersamaan antara warga dan prajurit TNI Pos Grinbun dalam pembuatan honai, menggambarkan bahwa sikap gotong royong masih tertanam dalam budaya dan menjadi tradisi masyarakat papua khususnya warga kampung Silan. Mulai dari proses penyiapan Kayu, penyiapan jerami, pemasangan kerangka honai dan pemasangan jerami sebagai atap, semuanya dilakukan bersama-sama.

“Jadi, apa yang kami perbuat untuk warga belum seberapa, namun kami merasa bangga bisa berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk warga,” ungkapnya Siswanto.

Diakhir kegiatan, sesuasi honai dibangun, tampak rasa puas dan senang terlihat di diri Mes Poknianngge melihat honainya selesai dibangun. Kebahgaiannya pun diungkapkannya melalui ucapan apresiasi kepada seluruh Prajurit Pos Grinbun yang membantu membangun honainya.

“Bapak sangat berterimakasih kepada anak-anak Pos, sudah mau bantu buat honai. Bapak sangat senang… Puji Tuhan, Tuhan membalas kebaikan anak,” ungkap Mes Poknianngge.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER