Kamis, 25 April, 2024

Jokowi Dorong Penguatan Arsitektur Sistem Kesehatan Dunia

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo menyatakan krisis Covid-19 telah menunjukkan rapuhnya ketahanan kesehatan global di semua negara. Kolaborasi saat ini, seperti Covax Facility, dinilai hanyalah solusi sesaat.

Untuk itu, Jokowi pun menekankan peran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga belum mencakup banyak hal strategis bagi kehidupan dunia.

“Ke depan, kita perlu solusi permanen agar dunia mampu menghadapi permasalahan kesehatan yang tidak terduga,” ujar Jokowi dalam agenda World Economy Forum, Jumat (21/1/2022).

Jokowi pun menegaskan Indonesia akan mendorong penguatan arsitektur sistem ketahanan kesehatan dunia yang dijalankan oleh sebuah badan dunia sebagaimana Dana Moneter Internasional (IMF) di sektor keuangan. Bahkan kabarnya, hal tersebut akan menjadi salah satu fokus Indonesia pada Presidensi G20.

- Advertisement -

Dijelaskan Jokowi, badan tersebut memiliki tugas untuk menggalang sumber daya kesehatan dunia, antara lain untuk pembiayaan darurat kesehatan dunia, pembelian vaksin, obat dan alat kesehatan.

Selain itu, juga untuk merumuskan standar protokol kesehatan global yang antara lain mengatur perjalanan lintas batas negara agar standar protokol kesehatan di semua negara bisa sama.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER