Kamis, Mei 26, 2022

Ini Sederet Capaian Kinerja dan Penghargaan Pemkot Depok Tahun 2021

MONITOR, Depok – Sepanjang tahun 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok di bawah kepemimpinan pasangan Mohammad Idris-Imam Budi Hartono, yang resmi dilantik pada 26 Februari 2021 sudah melakukan sederet kinerja yang dicapai dengan baik.

Capaian kerja nyata yang dilakukan Pemkot Depok itu, mulai dari realisasi program-program prioritas hingga berbagai penghargaan yang berhasil diraih di tingkat provinsi maupun nasional.

Berikut sederet capaian program pembangunan fisik dan non fisik, serta penghargaan yang menjadi sorotan dan capaian pembangunan 2021:

Pertama, program Vaksinasi Covid-19. Program Vaksinasi Covid-19 di Kota Depok telah diberikan kepada pejabat yang ada di Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), tenaga kesehatan, petugas publik, masyarakat umum hingga dipenghujung tahun 2021 vaksin diizinkan untuk anak usia 6-11  tahun. 

- Advertisement -

Untuk sasaran vaksinasi sebanyak 1.613.557 orang di Kota Depok. Lalu, hingga 29 Desember 2021, sebanyak 1.262.659 orang sudah divaksin dosis pertama atau 78,25 persen dari target sasaran. Dosis kedua mencapai  1.013.748 orang atau 62,83 persen. Sedangkan dosis ketiga terdapat 11.608 orang atau 0,72 persen.

Kedua, program Swab Keliling Covid-19 pada tahun 2021. Pemkot Depok melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 yakni program Swab Keliling Kota Depok. Ini merupakan pemberian layanan gratis berupa swab antigen keliling kepada masyarakat. Wahana pendukungnya adalah sepeda motor dan mobil yang beroperasi keliling di Kota Depok.

Ketiga, program Percepatan Penanggulangan Stunting di Era Pandemi. Pada tahun 2021, angka prevalensi stunting atau gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak yang ditandai dengan tinggi badan bawah standar di Kota Depok mengalami penurunan.

Keempat, program Bubos Berirama ke-5 Jawa Barat Pada 24 April 2021. Kota Depok berhasil mengumpulkan 23.673 paket berbuka puasa dalam pelaksanaan Buka Bersama On The Screen, Berbagi Beramal Kepada Sesama (Bubos Berirama) ke-5 Jawa Barat (Jabar). Jumlah tersebut merupakan akumulasi paket yang diberikan dari ASN di Perangkat Daerah, dan siswa dalam program berbagi tersebut. Sasarannya untuk anak yatim dan warga kurang mampu di Depok.

Kelima, pembangunan taman kelurahan. Tahun 2021, Pemkot Depok selesai membangun lima taman kelurahan sebagai upaya peningkatan ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Depok.

Keenam, program Bank Sampah. Pada tahun 202, jumlah bank sampah di Kota Depok ada sebanyak 319 unit.

Ketujuh, pembangunan GOR Kota Depok. Pada 10 November 2021, Pemkot Depok meresmikan GOR dengan menandatangani batu prasasti dan pemotongan pita, di Jalan Boulevard GDC, Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya. GOR tersebut memiliki kapasitas 950-1.000 penonton.

Kedelapan, kebijakan merger SDN. Pada tahun 2021 Pemkot Depok melakukan penggabungan atau merger manajemen satuan Pendidikan. Tercatat, sebanyak 26 Sekolah Dasar Negeri (SDN) dilebur hingga menjadi 12 SDN.

Kesembilan, pembangunan gedung sekolah. Tahun 2021 Pemkot Depok melakukan pembangunan empat Gedung sekolah. Selain itu ada juga rehab dua Gedung sekolah.

Kesepuluh, pemasangan lampu PJU. Tahun 2021 Pemkot Depok telah memasang sebanyak 10.696 PJU. Lampu PJU ini tersebar pada Jalan Protokol di 11 kecamatan se-Kota Depok. 

Kesebelas, pemasangan CCTV. Tahun 2021, Pemkot Depok berhasil memasang 24 CCTV di sudut-sudut kota untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan warga dalam beraktivitas sehari-hari.

Kedua belas, Program D’Vajar atau Depok Vaksinasi Antar Warga. Salah satunya mempermudah warga untuk mengakses vaksinasi lewat program D’Vajar atau Depok Vaksinasi Antar Warga.

Ketiga belas, pembangunan dua jembatan besar pada 20 September 2021. Pemkot Depok sudah merampungkan perbaikan jembatan di Jalan Jabon 1 Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan.

Keempat belas, penataan trotoar Segmen I di Jalan Margonda Raya. Pada 27 Desember 2021, Pemkot Depok telah merampungkan penataan trotoar Segmen I di Jalan Margonda Raya. Adapun panjang trotoar yang dibangun mencapai 700 meter.

Kelima belas, pembangunan drainase Pada tahun 2021, Pemkot Depok terus melakukan pembangunan drainase di Kota Depok. Tercatat, sebanya 685 pekerjaan drainase dibangun melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok di tahun 2021.

Keenam belas, peningkatan mutu dalam program ketahanan keluarga. Untuk Peningkatan mutu dalam program ketahanan keluarga, Kota Depok berhasil menggelar Program Sekolah Ayah Bunda sebanyak 25 pasang peserta dan Sekolah Pra Nikah.

Ketujuh belas, Inovasi Gladis TiktoK. Pada tahun 2021 Pemkot Depok menciptakan inovasi Gebyar Layanan Disdukcapil tingkat kecamatan se-Kota Depok atau Gladis Tiktok.

Kedelapan belas, fasilitasi pencari kerja atau Pencaker untuk mendapatkan pekerjaan. Pada tahun 2021, Pemkot Depok terus memfasilitasi para pencari kerja atau pencaker untuk mendapatkan pekerjaan. Tercatat, Pemkot Depok telah memfasilitasi pendaftaran 3.900 pencari kerja dengan jumlah yang di tempatkan sebanyak 1.352.

Kesembilan belas, Kartu Depok Sejahtera. Pada 15 September 2021, Pemkot Depok resmi meluncurkan Kartu Depok Sejahtera (KDS). KDS merupakan kartu dengan beragam layanan bantuan sosial bagi warga pra sejahtera di Kota Depok. Adapun KDS ini memiliki tujuh layanan manfaat.

Kedua puluh, upaya bangkitkan UMKM di Tengah Pandemi. Pemerintah Kota Depok juga turut membantu kebangkitan para umkm, melalui pelatihan packaging produk untuk umkm, fasilitasi ekspor produk umkm ke luar negri, serta meluncurkan toko oleh-oleh di depok.go.id.

Kedua puluh satu, Pemberian Insentif. Pada tahun 2021, Pemkot Depok sudah menyalurkan dana insentif kepada 915 pembimbing rohani agama Islam, 65 pembimbing rohani agama Kristen, 16 pembimbing rohani agama katolik, 2 pembimbing rohani agama Hindu, serta 2 pembimbing rohani agama Konghuchu.

Terakhir, Pemkot Depok telah merampungkan pembangunan RSUD Kota Depok Wilayah Timur.

Untuk penghargaan, Kota Depok pada tahun 2021 pun banyak penghargaan, baik tingkat nasional, provinsi maupun penghargaan dari institusi lainnya. Sejumlah penghargaan paling bergengsi yang diraih Kota Depok antara lain predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia 10 kali berturut-turut.

Selain itu Kota Depok juga berhasil mempertahankan predikat Nindya pada ajang penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2021 yang digelar Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia. Dengan raihan tersebut, telah meraih predikat yang sama sebanyak empat kali secara berturut-turut yaitu pada 2017, 2018, 2019, dan 2021.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok juga meraih penghargaan untuk Taman Lembah Gurame dengan predikat Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) Tahun 2019. Penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) RI.

Ketua TP-PKK Kota Depok, Elly Farida menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 Kategori Utama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA).

Penghargaan Smart City dari Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk Depok Smart Pole (DSP). Program Sekolah Ayah Bunda besutan Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok menyabet penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Penghargaan didapat sebagai Finalis Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Jabar 2021.

Selanjutnya penghargaan yang diterima oleh ASN lima tenaga kesehatan (nakes) di Kota Depok mendapatkan penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun 2021 yaitu juara I kategori dokter gigi dari Puskesmas Kemirimuka.

Selain itu di bidang budaya. Gong Si Bolong ditetapkan sebagai warisan budaya Takbenda (WBTb) dalam Sidang Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2021 oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi pada tanggal 26-30 Oktober 2021.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER