Selasa, 25 Januari, 2022

Kolaborasi dengan Pemkot Jakbar, Bapera DKI Ikut Wujudkan Ibukota Bebas Emisi

MONITOR, Jakarta – Untuk mewujudkan kota Jakarta bebas dari polusi emisi, ormas Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) DKI Jakarta berkolaborasi dengan pemerintah administrasi Jakarta Barat (Jakbar) menggelar uji emisi gratis di halaman Kantor Walikota Jakbar.

Ketua Bapera DKI Jakarta, Basri Baco mengatakan, Bapera DKI selalu hadir ditengah-tengah masyarakat untuk membantu program Pemprov DKI, diantaranya program langit biru untuk mewujudkan udara bersih di Ibukota.

“Uji emisi gratis ini hasil kolaborasi dengan Pemkot Jakbar. Dan ini menjadi bukti Bapera DKI mendukung program langit biru yang digagas oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan,” ujar Baco.

Menurutnya, dengan keterbatasan pemprov DKI, terutama dalam penyediaan alat sehingga perlu adanya peran aktif dan bantuan semua elemen masyarakat dalam mendukung program Pemprov DKI dalam menekan tingkat emisi sehinga kualitas udara di Ibukota menjadi lebih bersih dan sehat.

- Advertisement -

“Ini tanggung jawab kami sebagai ormas yang ada di DKI Jakarta, agar udara bersih dan kesehatan kita terjaga. Itu yang paling penting,” tegasnya.

Yang terpenting, lanjut Baco, program langit biru bisa capat tersosialisasi dan masyarakat diberikan kemudahan untuk mendapat akses uji emisi, agar tidak ada antrean panjang saat kendaraan melakukan uji emisi.

Sementara itu, Walikota Jakbar, Yani Purwoko, menyambut baik adanya kolaborasi yang dilakukan oleh Ormas Bapera dengan Pemkot Jakbar. Dirinya berharap, kewat kegiatan layanan uji emisi gratis masyarakat dapat dengan mudah mengakses layanan uji emisi, sehingga, masyarakat dapat mematuhi Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 66 Tahun 2020.

Dijelaskannya, Berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup, titik-titik uji emisi ini idealnya adalah 500 tempat atau titik-titik dekat tempat tinggal, sehingga masyarakat dapat mudah mendapatkan pelayanan uji emisi secara cepat.

“Paling tidak harus dekat dari rumah tinggal masing-masing,” terangnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, sangat penting baginya untuk berkolaborasi dengan seluruh elemen masyaraka, sehingga layanan uji emisi dapat dihadirkan diseluruh kelurahan wilayah Jakbar.

“Harapannya di 56 kelurahan ini nanti kita persiapkan. Saya akan selalu berkolaborasi dengan seluruh stakeholder, elemen masyarakat lain untuk turut serta berpartisipasi mendukung dari pada program langit biru ini,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER