Minggu, 23 Januari, 2022

Anies Pastikan Toleransi Umat Beragama Hadir di Jakarta

MONITOR, Jakarta – Pmerintah Provinsi DKI Jakarta mendorong terciptanya kerukunan umat beragama di Ibukota. Belum lama ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menghadiri peresmian enam rumah ibadah di lingkungan Kampus Universitas Pancasila.

Anies mengaku bangga dan bersyukur di lingkungan Kampus Universitas Pancasila telah tersedia sarana ibadah Masjid At Taqwa, Gereja Katolik Santo Petrus, Gereja Protestan Grha Layanan Kristen, Pura Widya Santika, Vihara Dhamma Sasana, dan Klenteng Kabajikan Agung yang berdampingan.

“Ini merupakan wujud toleransi umat beragama dan bentuk komitmen segenap Pimpinan Universitas Pancasila yang patut kita apresiasi, tidak mudah mewujudkan penyediaan sarana ibadah seperti yang dilakukan Universitas Pancasila,” tutur Anies dalam kesempatan tersebut, Kamis (6/1/2022).

Mantan Mendikbud RI ini menjelaskan peningkatan kerukunan umat beragama, orientasinya tidak hanya pada aspek toleransi semata, karena sikap toleransi itu baru merupakan syarat awal.

- Advertisement -

Dikatakan Anies, agar kerukunan umat beragama tumbuh semakin kuat, maka toleransi harus disertai dengan adanya sikap kesetaraan dan keadilan. Selanjutnya, sikap kesetaraan harus diiringi tindakan nyata dalam bekerjasama di tengah masyarakat majemuk.

“Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga memfasilitasi pembinaan antar umat beragama, agar tetap dalam kondisi rukun, damai, saling menghormati dan penuh toleransi,” terang Anies.

Selain itu, Anies menjelaskan Pemprov DKI Jakarta hanya mengatur perizinan agar tempat ibadah tetap selaras dan serasi dengan tata ruang kota secara keseluruhan, baik dilihat dari aspek fisik dan artistik kota, maupun aspek sosial dan kepentingan masyarakat Jakarta.

“Saya percaya, masyarakat DKI Jakarta yang sejak lama mengakui perbedaan dalam bingkai NKRI, serta memahami multikulturalisme akan semakin menyatu dalam kehidupan sebagai warga kota Jakarta,” imbuhnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER