Jumat, 19 April, 2024

Sri Mulyani Sebut Pendapatan Negara Tahun 2021 Naik Signifikan

MONITOR, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memaparkan pencapaian pemerintah selama tahun 2021. Sepanjang pandemi, Sri Mulyani menegaskan pemerintah sudah bekerja keras mengendalikan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Kerja keras itu berbuah manis, dimana pemerintah berhasil mendorong pemulihan ekonomi yang solid yang terlihat pada kinerja positif APBN 2021.

“Kita menutup 2021 dengan begitu banyak catatan penuh optimisme. Pendapatan negara 2021 telah melampaui pendapatan negara 2019 kondisi pra-pandemi Covid-19,” tutur Sri Mulyani dalam Konferensi Pers Realisasi (Sementara) Pelaksanaan APBN 2021, Selasa (4/1/2022).

Ia juga menjelaskan penerimaan negara meningkat signifikan sejalan dengan aktivitas ekonomi yang membaik, serta meningkatnya harga komoditas.

- Advertisement -

Ditegaskan dia, belanja negara dioptimalkan sebagai instrumen counter-cyclical penanganan Covid-19 sekaligus memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat.

“Defisit APBN lebih rendah sehingga pembiayaan anggaran menurun (terutama pembiayaan utang) dengan tetap menjaga pembiayaan investasi. Semuanya merupakan modal positif kita menuju konsolidasi fiskal pada 2023 nanti,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER