Rabu, 15 Mei, 2024

Antisipasi Kebakaran, Rutan Depok Gelar Simulasi Penanggulangan

MONITOR, Depok – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Depok bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran setempat menggelar pelatihan pencegahan dan simulasi kebakaran, Rabu (29/12/2021).

Kepala Rutan Kelas I Depok Andi Gunawan mengatakan, kegiatan yang dilakukan tersebut sebagai langkah antisipasi dan deteksi dini mencegah kebakaran di lingkungan Rutan.

“Kegiatan ini merupakan sinergi antara Rutan Depok dengan Dinas Damkar, dimana ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (kebakaran), kita sudah bisa mengantisipasinya,” kata Andi disela kegiatan Simulasi di Rutan Depok, Rabu (29/12).

Disebutkannya, simulasi yang dilakukan menggambarkan apabila di blok hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terjadi kebakaran. Kemudian, petugas dituntut untuk bisa semaksimal mungkin melakukan upaya penyelamatan.

- Advertisement -

“Jadi dengan berbekal teknik penanganan yang sudah didapat dari Damkar ini, para petugas kami sudah bisa mengatasipasinya,” ungkap Andi.

Kepala Dinas Damkar Kota Depok, Gandara Budiana melalui Kabid Pengendalian dan Operasi Welman Naipospos menambahkan, dalam pelatihan tersebut, para petugas Rutan diajarkan sejumlah teknik melakukan penyelamatan. Diantaranya cara memadankan api dan mengevakuasi korban.

“Sehingga saat kita (Damkar) tiba di Rutan untuk melakukan penyelamatan, api ataupun korban sudah dapat teratasi oleh petugas Rutan.”

“Jadi, apabila ada kebakaran, petugas Rutan telah mengerti cara melakukan evakuasi sehingga tidak ada korban, itu yang kita harapkan,” ungkapnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER