Minggu, Mei 29, 2022

Sri Mulyani: Peran Aktif Perempuan Tunjang Pertumbuhan Ekonomi

MONITOR, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan peran aktif perempuan dalam sektor perekonomian akan sangat membantu negawa mewujudkan kesejahteraan yang adil dan merata. Selain itu, pertumbuhan ekonomi juga akan stabil.

Dijelaskan Sri Mulyani, sebagai sekolah pertama di keluarga, perempuan akan menentukan apa yang ditanamkan kepada keluarganya, yaitu generasi penerus yang kemudian berkontribusi kepada masyarakat dan negara.

“Kita semua tahu betapa besar dan pentingnya peran perempuan dalam keluarga. Perempuan juga memiliki peran penting di dalan turut mengelola ekonomi keluarga,” ucap Sri Mulyani dalam forum G20 Women’s Empowering Kick off Meeting, Kamis (23/12/2021).

Namun ia mengakui perempuan dalam berbagai dimensi masih sangat terbatas ruang gerak untuk memaksimalkan potensi. Itu sebabnya, kata dia, berbagai kebijakan disesuaikan untuk memberikan kesempatan lebih luas bagi perempuan.

- Advertisement -

Misalnya Program Keluarga Harapan. Dikatakan Sri Mulyani, saat pandemi, dana bantuan ditransfer ke rekening ibu. Jumlahnya pun disesuaikan dengan anggota keluarga, termasuk apabila terdapat anak-anak dan perempuan hamil.

“Program bantuan untuk UMKM yang didominasi oleh pelaku usaha perempuan juga terus diperluas agar tidak hanya dapat mempertahankan usahanya, tapi juga dapat membesarkan usahanya dan ia akan memberdayakan potensi para perempuan lain,” ucapnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER