Sabtu, 20 April, 2024

Anies Bangga Jakarta Dinobatkan sebagai Kota Ramah Sepeda

MONITOR, Jakarta – Rasa bangga kembali diuntaikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, manakala Provinsi DKI Jakarta mendapat penghargaan tertinggi (GOLD) sebagai Kota Ramah Sepeda se-Indonesia pada Bike to Work Community (B2W) Indonesia Award 2021, Selasa (21/12/2021) kemarin di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat.

Ya, kota Jakarta menjadi kota pertama yang mendapatkan penghargaan sebagai Kota Ramah Sepeda dengan kategori Kota Metropolitan.

“Terima kasih, kami merasa terhormat atas penghargaan ini. Apresiasi yang diberikan untuk kerja kolektif begitu banyak orang di Jakarta. Kolaborasi warga Jakarta, instansi/ swasta/ komunitas dan perangkat pemerintah menghasilkan kebijakan dan fasilitas yang ramah pesepeda,” ujar Anies Baswedan.

Anies menyatakan saat ini sepeda tidak hanya dipandang sebagai kegiatan olahraga, tapi sebagai kegiatan bertansportasi.

- Advertisement -

“Kita ikhtiarkan serius agar pesepeda di Jakarta mendapatkan kenyamanan, dan keamanan,” kata Anies.

Ia menjelaskan, Pemprov DKI senantiasa mendorong konversi transportasi menuju penggunaan sepeda, dengan menyusun prioritas pengguna jalan di Ibu Kota yaitu Pejalan kaki, Sepeda/kendaraan bebas emisi, Kendaraan umum, dan terakhir adalah Kendaraan pribadi.

Adapun pengembangan jalur sepeda di Jakarta ditargetkan mencapai 190 km pada 2021 dan di tahun 2030 sepanjang 600 km. Kebijakan dan pengembangan fasilitas sepeda merupakan salah satu upaya Pemprov DKI Jakarta untuk mewujudkan Jakarta menjadi kota yang berketahanan iklim pada tahun 2030.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER