Kamis, 16 Mei, 2024

Jokowi Minta Perusahaan Libatkan BUM Desa di Kegiatan

MONITOR, Jakarta – Ekonomi pedesaan menjadi salah satu penyelamat saat perekonomian di perkotaan terganggu, terlebih di masa pandemi. Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo.

Untuk itulah, Kepala Negara pun mengajak masyarakat untuk membangun dan menjadikan desa sebagai basis kegiatan ekonomi yang produktif. Menurutnya Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) dan BUM Desa Bersama dapat memacu pertumbuhan usaha baru yang dibutuhkan di masyarakat.

“Tidak menggarap hal-hal yang hanya untuk desa, tapi juga punya visi besar yakni menjangkau pasar yang lebih besar, termasuk pasar ekspor,” kata Jokowi, Senin (20/12/2021).

Jokowi juga meminta perusahaan swasta maupun BUMN dapat melibatkan BUM Desa dalam setiap kegiatan. Rakyat di desa jangan hanya jadi penonton, melihat hasil-hasil perkebunan atau hasil tambang melintas keluar dari daerahnya. Libatkan mereka, BUM Desa dan BUM Desa Bersama.

- Advertisement -

“BUM Desa sendiri dapat mengembangkan hasil produksi pertanian dan hortikultura ke pasar internasional, seperti sebuah desa di Kalimantan Timur yang telah mengekspor lidi dari kelapa sawit dan nipah, serta arang kayu halaban,” tandasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER