Rabu, 24 April, 2024

Mahasiswa Pasca Sarjana UNPAM Jalani PKM di Cirebon

MONITOR, Cirebon – Pengabdian Kepada Masyarakat mahasiswa Pasca Sarjana UNPAM melakukan program ini, termasuk salah satu tugas mahasiswa Program Kreativitas Mahasiswa atau PKM adalah sebuah wadah/ajang bagi mahasiswa untuk menyalurkan potensi yang dimiliki selama perkuliahan kepada masyarakat luas, agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.’ Minggu (19/12/21)

PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Ketua Koprodi sekaligus Penanggung Jawab pelaksana kegiatan Magister Manajemen DR.Ir. H. Sarwani, bersama para Dosen ikut mendampingi dan mendukung para Mahasiswa agar terlaksana kegiatan PKM guna mendukung kinerja pemerintah atau swasta dalam program ” Strategi Peningkatan Penjualan Produk Furniture Hasil Hutan Komunitas UKM Melalui Digital Marketing Di Kota Cirebon Jawa Barat”. Pelaksanaan tepatnya di Hotel Santika Kota Cirebon.

Koordinator Dosen pendamping Mahasiswa DR. Yayan Sudaryana, menjelaskan program Pengabdian Kepada Masyarakat, ini terlaksana atas dasar ” Perjanjian Kerjasama Program Studi Megister Manajemen Universitas Pamulang dan Direktorat Bina Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hutan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Nomor : PKS.34/PPHH/SPHH /HPL. 11/2021.” Lanjut Yayan.

- Advertisement -

Tujuannya adalah Kerjasama dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, guna peningkatan pemberdayaan Sumber Daya Manusia melalui Tri Darma artinya Perguruan Tinggi meliputi Pembelajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang artinya Dosen Mendapingi mahasiswa.” Ujarnya. , Seperti materi PKM ini, menjadi referensi dalam meningkatkan kapabilitas UMKM pengrajin kayu di Cirebon serta harapan bagi mahasiswa bisa menjadi pengabdian baru terhadap masyarakat untuk kesejahteraan serta mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat, begitu halnya dengan materi yang dipaparkan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) oleh Bapak Agus Rahmat sebagai Analis data dan berharap,” ujar Yayan Kepada Mahasiswa UNPAM yang terkait dengan PKM ini agar dapat menjadi harapan bagi UMKM Cirebon.” Tutupnya

Ketua perwakilan dari mahasiswa Yoga Prayoga, menjelaskan kegiatan ini sejalan dengan program kegiatan Universitas Pamulang serta kerjasama Kementerian LHK dalam memfasilitasi biaya perolehan SVLK bagi UMKM yang bertujuan untuk implementasi dalam kerjasama melalui UMKN dalam bentuk pemberian pelatihan dan pendampingan, promosi produk dipasar lokal , nasional maupun internasional.”Ujar yoga.

Materi UMKM diawali oleh Roy Watiko, Yoga, Dimas, Ibu Lenny dan Yogi salah satu Paparan terkait manajemen SDM dan Pemasaran oleh Mahasiswa UNPAM di mana materi tersebut Sejalan dengan program pemerintah pada Nawacita untuk mewujudkan SDM yg unggul terutama bagi UMKM dalam mewujudkan kemandirian ekonomi serta peningkatan pemasaran digital untuk produk melalui pasar lokal, nasional, internasional serta ekspor.

30 orang perwakilan peserta Swasta UMKM Pengrajin Kayu Kabupaten Cirebon ikut hadir dalam pelaksanaan kegiatan Pengadian Kepada Masyarakat (PKM) yang menjadi program kegiatan Universitas Pamulang dan bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dilaksanakan di Hotel Santika. ( RR )

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER