Jumat, 21 Januari, 2022

UIN SMH Banten Jadi Tuan Rumah Diklatpimnas II PTKI se-Indonesia

MONITOR, Serang – UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten tahun ini menjadi tuan rumah Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Nasional (Diklatpimnas) 2021. Kegiatan yang menjadi ruang pembelajaran untuk aktivis mahasiswa PTKI seluruh Indonesia tahun ini akan diselenggarakan selama 10 hari dari tanggal 6 hingga 15 Desember.

Acara pembukaan Diklatpimnas akan diselenggarakan di Ledian Hotel dan rencananya akan dibuka langsung oleh Direktur PTKI Kemenag RI Prof. Dr. Suyitno. Dalam acara pembukaan yang akan dilaksanakan pada hari Senin, 06 Desember 2021 besok menurut panitia pelaksana Dr. Ali Muhtrom akan dilaunching juga modul Diklatpim.

Menurut ketua panitia peluncuran modul Diklatpim menjadi sangat penting sebagai panduan bagi para ketua baik HMJ, Dema Fakultas, maupun Dema pada tingkat Universitas atau Institut dan Sekolah Tinggi di lingkungan PTKI.

Pada saat yang sama, Ali Muhtarom juga mengatakan UIN Sultan Maulana Hasanuddin selaku tuan rumah kegiatan ini siap menyambut dan menyediakan tempat untuk para peserta. Dia mengatakan di Banten akan ada dua tempat pelaksanaan yaitu saat pembukaan yang dilaksanakan di hotel dan pelatihan dilakukan di laboratorium IT di UIN SMH Banten. “Kita sudah berkoordinasi dengan semua pihak yang terkait kegiatan dan semuanya siap untuk kegiatan selama 10 hari kedepan,” ungkapnya.

- Advertisement -

Sedangkan menurut Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan, Sidik Sisdiyanto bahwa Diklatpimnas II merupakan even strategis, layaknya Lemhanas-nya mahasiswa sebagai lembaga kaderisasi bagi aktivis mahasiswa PTKI se-Indonesia.

“Dengan Diklatpimnas diharapkan akan melahirkan kader pemimpin yang memiliki karakter kepemimpinan berwawasan kebangsaan dalam kancah nasional,m memiliki kompetensi yang menjunjung tinggi integritas kemahasiswaan serta memiliki pemahaman keislaman yang moderat”, tutur Sidik.

Para alumni Dituntut mampu memahami tantangan kepemimpinan kontemporer di era digital dan memiliki kecakapan dalam menganalisis sosial situasi sosial kemasyarakatan.

Selain itu, menurut Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan, bahwa melalui momentum ini juga diharapkan setelah mengikuti Diklatpimnas mahasiswa akan memiliki kecakapan dalam berkomunikasi dan bersosialisasi dengan berbagai komunitas atau kelompok lain dalam menjalin kerjasama (networking) serta memiliki kepekaan, pemikiran kritis, kreatif, dan inovatif dalam menjalankan fungsi dan peran kemahasiswaan untuk kemajuan bangsa.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER