Jumat, 29 Maret, 2024

Sukses Pasang Air Perpipaan, PAM Jaya Gelar Tasyakuran Bareng Warga Kamal Muara Jakut

MONITOR, Jakarta – Sukses melakukan pemasangan air perpipaan di kawasan Kelurahan Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara (Jakut), PAM Jaya menggelar acara tasyakuran bersama warga setempat.

Kegiatan tasyakuran ini dilaksanakan sebagai bentuk syukur warga atas adanya air perpipaan di wilayah mereka melalui proyek SPAM Hutan Kota yang dikembangkan oleh PAM JAYA.

Proyek SPAM Hutan Kota merupakan salah satu program percepatan pelayanan PAM JAYA dengan target 30.000 sambungan pelanggan baru di 4 wilayah yakni Kamal Muara, Kamal, tegal Alur dan Pegadungan.

Warga menyambut baik dan gembira pada kegiatan tasyakuran tersebut, terutama karena mereka saat ini sudah menikmati air perpipaan langsung dirumah mereka. Selama ini warga di wilayah tersebut mengandalkan air tanah dan juga air yang dijual melalui gerobak keliling.

- Advertisement -

“Biasanya sebulan itu saya bisa membayar antara 600 ribu sampai 1 juta sebulan untuk kebutuhan air, namun semenjak ada air PAM sekarang bayarnya hanya 120 – 150 ribu,” ujar Mulyati Warga RW 01 Kelurahan Kamal Muara.

Pada acara tersebut hadir Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara, Royto Harahap, yang menyampaikan ucapan terimakasih kepada PAM JAYA yang telah membantu mewujudkan mimpi masyarakat Kelurahan Kamal Muara untuk memiliki air perpipaan.

Hal senada juga disampaikan oleh Lurah Kamal Muara, Tahta Yujang Taba yang menyampaikan kegembiraan dan apresiasinya atas kerja keras yang dilakukan oleh PAM JAYA dan PALYJA dalam mewujudkan air perpipaan di wilayah Kamal Muara.

Sementara itu, Direktur Utama PAM JAYA, Priyatno Bambang Hernowo, mengatakan, Proyek SPAM Hutan Kota merupakan inisiatif percepatan pelayanan yang dilakukan PAM JAYA dan didukung penuh oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Bahwa ini adalah komitmen dari pemerintah dalam memenuhi hak dasar warga atas air,” tegasnya.

Dijelaskannya, cakupan layanan PAM JAYA saat ini adalah 65,82% dengan total pelanggan sebanyak 906.648 dan total air yang terdistribusi sebanyak 20.732 lps. Target cakupan layanan PAM JAYA pada tahun 2023 adalah 82%.

“Saat ini Jakarta masih tergantung pasokan air baku dari wilayah di luar kota Jakarta dimana 81% air baku berasal dari Waduk Jatiluhur, 14% berasal dari pembelian air curah PDAM Kabupaten Tangerang dan 5% berasal dari sungai-sungai yang berada di Jakarta,” ungkapnya.

Berbagai upaya dilakukan PAM JAYA dalam percepatan pelayanan dan akses air bersih bagi masyarakat Jakarta, diantaranya yaitu proyek pembangunan jaringan pipa SPAM Hutan Kota.

Pembangunan SPAM Hutan Kota sudah mulai diinisiasi PAM JAYA sejak tahun 2016 dan saat ini sedang proses penyelesaian pemasangan sambungan baru pelanggan.

PAM JAYA membangun jaringan pipa transmisi dan distribusi sepanjang 116 KM untuk mengaliri air dari IPA Hutan Kota yang berkapasitas 500 lps kepada sekitar 30.000 pelanggan di wilayah–wilayah Kamal Muara, Kamal, Pegadungan dan Tegal Alur.

Per November 2021, tercatat sekitar 12.573 pelanggan baru di daerah tersebut yang sudah dialiri air melalui proyek SPAM Hutan Kota dan jumlah ini masih terus bertambah.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER