Jumat, 21 Januari, 2022

Ketua DPD Demokrat DKI Tegaskan Musda Bukan Ajang Kompetisi

MONITOR, Jakarta – Partai Demokrat DKI Jakarta menggelar acara musyawarah daerah (Musda) ke-V di Hotel Santika, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Cipayung, Jakarta Timur, hari ini, Rabu (1/12/2021).

Ada tiga calon Ketua DPD Partai Demokrat Jakarta yang maju diajang Musda tersebut. Mereka adalah Anggota Komisi III DPR Santoso, Anggota DPRD DKI Jakarta Nur Afni Sajim, dan anggota DPRD DKI Santoso.

Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta Santoso mengatakan, Musda V digelar sebagai ajang konsolidasi, harmonisasi dan rekonsiliasi.

“Jadi Musda ini bukan ajang kompetisi para calon ketua,” tegas Santoso di sela-sela acara Musda.

- Advertisement -

Dijelaskan Santoso, berdasarkan AD/ART (anggaran dasar dan anggaran rumah tangga) Partai Demokrat hasil kongres 2020, di mana AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) terpilih sebagai Ketua Umum Demokrat, memutuskan, Musda hanya memilih calon Ketua DPD, bukan kompetisi,” kata Santoso pada Rabu (1/12/2021).

“Semua kandidat calon ketua ini, akan diajukan ke DPP untuk kemudian dilaksanakan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper tes),” terangnya.

Lanjutnya, nantinya kemampuan para kandidat akan diuji oleh Ketum, Sekjen dan Ketua Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK).

“Berdasarkan verifikasi yang sudah mendaftar ada tiga orang, tapi apakah nanti lolos atau tidak kan belum tahu. Itu saya sendiri, rekan kami Mujiyono dan Nur Afni Sajim,” ujarnya.

Tak hanya terkait soal calon Ketua DPD, musda pun dijadikan ajang Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Pengurus yang lama yang dipimpinnya.

“Agenda Musda ini, penyampaian calon Ketua DPD, program kerja dan rekomendasi,” jelasnya.

Ia menambahkan, proses penunjukkan calon Ketua DPD Demokrat DKI periode 2021-2026 oleh DPP biasanya memakan waktu selama sebulan. Ia pun berharap, Ketua DPD Demokrat DKI periode 2021-2026 bisa disampaikan DPP pada Januari 2022 mendatang.

“Insya Allah tahun baru (2022) ada kepemimpinan DPD baru tahun 2021-2026,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER