Kamis, 18 April, 2024

Puan Ajak Negara GNB Perjuangkan Kebebasan Palestina

MONITOR, Madrid – Ketua DPR Puan Maharani mengajak negara-negara yang tergabung dalam Gerakan Non-Blok (GNB) untuk turut memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Seruan ini disampaikan Puan dalam Forum Inter Parliamentary Union (IPU) General Assembly ke-143 di Madrid, Spanyol.

Dikatakan Puan, kemerdekaan Palestina dapat diwujudkan dengan dibarengi adanya soliditas para negara anggota GNB.

“Parlemen negara GNB perlu mendorong pemerintahnya masing-masing untuk mendukung kemerdekaan Palestina. Kemerdekaan Palestina merupakan bagian dari perjuangan bersama sejak adanya Konferensi Bandung, yang belum dapat direalisasikan,” ujar Puan Maharani dalam Inaugural meeting of the Parliamentary Network of NAM yang digelar di Hotel Riu Plaza Espana, Madrid, Spanyol, Minggu (28/11/2021) waktu setempat.

Legislator PDI Perjuang ini mengungkapkan, Gerakan Non-Blok memiliki potensi kekuatan mengingat jumlah anggota negaranya yang cukup besar. Ia mengatakan, hal tersebut dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya menyelesaikan berbagai isu global.

- Advertisement -

“Namun kekuatan potensial ini harus kita terjemahkan menjadi pengaruh positif yang dapat memberikan kontribusi nyata. Hal ini menuntut kita semua untuk solid dan bekerja sama dalam kesatuan,” ujar Puan.

Puan pun mendorong negara-negara GNB untuk bekerja sama menggunakan jaringan ini sebagai platform untuk memperkuat kerja sama Gerakan Non-Blok dalam upaya bersama membangun dunia yang lebih setara.

“Saya pun ingin menyampaikan penghargaan saya kepada Milli Majlis Republik Azerbaijan yang telah menjadi tuan rumah pertemuan penting ini di sela-sela Sidang IPU ke-143,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER