Jumat, 21 Januari, 2022

Ingatkan Bahaya Varian Baru, Jokowi: APBN 2022 Harus Responsif

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2022 di Istana Negara, Senin (29/11/2021).

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengungkapkan keberadaan varian baru virus Covid-19 yakni Omicron. Virus ini sudah melanda di beberapa negara utamanya di selatan Afrika.

“Pandemi Covid-19 belum berakhir dan masih menjadi ancaman bagi Indonesia dan dunia, terutama dengan munculnya varian baru Omicron di sejumlah negara,” ujar Jokowi dalam sambutannya.

Sebagai langkah antisipasi, Jokowi menyatakan upaya mitigasi perlu disiapkan sedini mungkin agar tidak mengganggu kesinambungan program reformasi struktural dan pemulihan ekonomi nasional yang tengah dilakukan, termasuk dalam merancang Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) tahun 2022.

- Advertisement -

“APBN tahun 2022 harus dirancang responsif, antisipatif, dan juga fleksibel. Selalu berinovasi dan mengantisipasi berbagai perubahan yang terjadi dengan tetap menjaga tata kelola yang baik,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER