Senin, 17 Januari, 2022

Fatayat NU Kota Tangerang Gelar Pelatihan Koperasi dan UMKM

MONITOR, Tangerang – Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kota Tangerang menggelar Sosialisasi dan Pendampingan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan Usaha Melalui Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Mikro (UMKM) kerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia di Hotel Pakons Tangerang, Selasa (30/11/2021).

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama Kota Tangerang, Nony Menawati, menyampaikan bahwa pelatihan ini adalah bagian dari ikhtiar Fatayat NU Kota Tangerang untuk ikut berpartisipasi dalam memberdayakan ekonomi umat, khususnya kaum perempuan di Kota Tangerang.

“Saya berharap habis pelatihan ini, sahabat Fatayat semakin bersemangat untuk mengembangkan dunia UMKM dilingkungannya serta semakin semangat membentuk Koperasi Fatayat NU Kota Tangerang,” kata Nony.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (DisperindagkopUKM) Kota Tangerang, Teddy Bayu Putra, mengungkapkan Kota Tangerang adalah termasuk penyangga. Jumlah warganya tercatata sebanyal hampir dua juta. Namun, ia mengatami kalau pergerakan ekonominya hampir empat juta.

- Advertisement -

Melihat hal itu, Teddy memberikan motivasi kepada kader Fatayat Nu Kota Tangerang untuk memanfaatkan peluang bonus demografi ini.

Namun, Teddy mengingatkan, dalam membangun koperasi harus memperhatikan tren yang ada serta mengutamakan profesionalisme. Tak hanya itu, dalam menjalankan koperasi juga melakukan inovasi dan mengembangkan kreatifitas.

“Ekonomi hari ini menjadi tumbuh semangat. Serta beradaptasi diri, karena dunia sudah berubah perlahan maju,” Sambung Teddy.

Asisten deputi  (Asdep) pengembangan SDM dan Jabatan Fungsional Kemkop UKM RI Nasrun Siagian, mengatakan bahwa koperasi hari ini sudah modern dan mandiri.  Melihat perkembangan dan peluang Fatayat, tentunya hal itu harus dimanfaatkan.

Lebih lanjut, Nasrun menyampaikan koperasi itu setara dengan perusahaan BUMN, kalau bisa dikelola dengan baik dan benar.

“Koperasi dijalankan secara profesional kelembagaan. Dan transparansi secara buku keuangan,” ujar Nasrun.

Nasrun berharap, Fatayat NU sebagai salah satu ormas besar bisa mewujudkan koperasi yang sehat dan maju. Khususnya di Kota Tangerang. Sebagai kader Fatayat harus bisa menebar kebaikan serta mensejahterakan kader Fatayat NU bisa melalui koperasi.

“Berkoperasi memiliki banyak manfaat. Karenanya berkoperasi bukan berperasi. Wadah koperasi bukan untuk memeras sesamanya.” Pungkas Nasrun.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER