Jumat, 21 Januari, 2022

Mardani: Jangan Selesaikan Persoalan Papua Pakai Kacamata Jakarta

MONITOR, Jakarta – Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menilai pendekatan keamanan yang dilakukan di Papua selama ini tak kunjung menyelesaikan persoalan. Namun ia mengingatkan, semangat menyelesaikan masalah Papua melalui cara-cara yang lebih humanis harus dikedepankan.

Komitmen ini sebagaimana diucapkan Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa, ketika menyambangi kediaman Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Dalam pertemuan itu, Andika menyatakan akan menggunakan pendekatan humanis dalam menangani persoalan di Papua.

“Segera temukan solusi terkait persoalan-persoalan mendasar seperti kesenjangan serta ekonomi,” ujar Mardani dalam keterangannya.

Mardani menjelaskan, upaya menghadirkan juru runding untuk menegosiasikan perbedaan pandangan/kepentingan juga bisa dilakukan. Bahkan menurutnya penyelesaian masalah KKB Papua hendaknya tidak diselesaikan dengan kacamata Jakarta.

- Advertisement -

“Maka langkah ini perlu melibatkan seluruh elemen termasuk yang ada di Papua. Libatkan aktivis/pemerhati papua untuk mendapatkan masukannya. Tentu tidak mudah, tapi bukan tidak mungkin untuk dilakukan,” tegas Anggota Komisi II DPR RI ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER