Jumat, 29 Maret, 2024

Jokowi: Target Vaksinasi WHO Harus Dicapai Semua Negara

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo mengakui bahwa lebih dari 7,6 miliar dosis vaksin Covid-19 telah disuntikkan di seluruh dunia. Ini terlihat dari tingginya angka dosis vaksin yang disuntikkan.

Ia memaparkan, sebanyak 64,99 persen populasi negara kaya telah menerima setidaknya satu dosis vaksin, sementara di negara miskin baru 6,48 persen.

Sementara itu, ia menyatakan target vaksinasi WHO sulit tercapai karena diperkirakan hampir 80 negara tidak mencapai target vaksinasi 40 persen populasi di akhir tahun 2021.

“Pada saat yang sama, lebih dari 100 juta dosis vaksin di negara G7 tidak terpakai dan kadaluwarsa,” tutur Jokowi dalam keterangannya, Sabtu (27/11/2021).

- Advertisement -

Pada KTT Asia-Europe Meeting (ASEM) ke-13 secara virtual yang saya hadiri dari Istana Bogor, Jokowi pun mengajak para pemimpin negara Asia dan Eropa untuk bekerja sama menghadapi pandemi yang tak kunjung usai.

“Target vaksinasi WHO harus dicapai semua negara. Untuk itu, dose-sharing harus digalakkan, produksi vaksin dinaikkan, dan kapasitas penyerapan negara penerima vaksin ditingkatkan,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER