Jumat, 21 Januari, 2022

Penentuan Lokasi Formula E, Anies dan Bamsoet Berkonfik?

MONITOR, Jakarta – Penentuan lokasi balapan Formula E tampaknya memantik konflik baru, dimana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo alias Bamsoet memiliki pandangan berbeda.

Bamsoet tetap akan meminta persetujuan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal penentuan lokasi, sebab, menurutnya itu bagian penghormatan kepada kepala negara.

“Saya rasa ini sesuatu yang lumrah, mengingat event Formula E adalah ajang balap berskala internasional,” ujar Bamsoet kepada wartawan, Jumat (26/11).

Bamsoet mengungkapkan, Co Founder Formula E Alberto Longo berharap dapat bertemu dengan Jokowi atas permohonan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pertemuan Alberto guna meminta arahan terkait lokasi mana yang paling tepat untuk lokasi sirkuit Formula-E mengingat ini adalah event internasional.

- Advertisement -

“Salahnya di mana? Justru saya menilai hal itu merupakan bentuk penghormatan Alberto kepada Bapak Presiden sebagaimana dia melakukannya di beberapa negara,” jelasnya.

Menurutnya, penentuan lokasi sirkuit Jakarta E-Prix 2022 atau Formula E akan tetap dilakukan IMI sebagai perpanjangan tangan dari Fédération Internationale de l’Automobile/FIA (Federasi Olahraga Mobil Dunia).

Ada lima lokasi pilihan yang sudah disurvei pihak Formula-E, yakni Jalan Jenderal Sudirman, kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), JIEXPO Kemayoran, kawasan Jakarta International Stadium (JIS) dan kawasan Ancol.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meminta Ikatan Motor Indonesia (IMI) melakukan klarifikasi soal pernyataan yang menyebut kalau lokasi balapan yang menentukan Presiden Joko Widodo (Jokowi)

“Masa yang nentuin lokasi lintasan balapan presiden. Gak lah, Nanti IMI akan melakukan klarifikasi soal ini,” ujar Anies.

Lantas siapa sebenarnya yang menentukan lokasi litasan Formula E?

Dijawab Anies, yang menentukan, tempat lintasan adalah, pihak FEO, IMI dan PT Jakpro. “Jadi tiga itu yang menentukan tempat bukan presiden,” tegas Anies.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER