Rabu, 1 Desember, 2021

Duet Prabowo-Puan Digadang Paling Kuat di Pilpres 2024

MONITOR, Jakarta – Sejumlah nama muncul dalam bursa Calon Presiden (capres) dan Wakil Presiden (wapres) 2024. Salah satu pasangan yang diprediksi bakal maju adalah Prabowo – Puan. Prabowo Subianto yang kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI dinilai bisa jadi pasangan yang ideal untuk menjadi pemimpin Tanah Air.

Menurut Survei Y-Publica menunjukkan simulasi pasangan calon presiden (capres) untuk Pemilu 2024. Elektabilitas Prabowo Subianto dan Puan Maharani unggul tipis dibandingkan Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto.

Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono mengatakan bahwa Lembaga Survei Y-Publica melakukan simulasi terhadap pasangan capres/cawapres dengan memasangkan lima nama capres paling kuat dengan lima tokoh yang layak menjadi cawapres.

Kelima capres tersebut adalah Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Ridwan Kamil, Anies Baswedan, dan Sandiaga Uno. Kelima cawapres adalah Puan Maharani, Airlangga Hartarto, Agus Harimurti Yudhoyono, Erick Thohir, dan Gatot Nurmantyo. Hasilnya pasangan Prabowo-Puan paling diunggulkan oleh publik, bersaing ketat dengan pasangan Ganjar-Airlangga.

- Advertisement -

“Dalam simulasi terhadap pasangan capres/cawapres, Prabowo-Puan unggul tipis terhadap Ganjar-Airlangga,” kata Rudi.

Prabowo-Puan didukung oleh 85,6 persen, sedangkan yang tidak mendukung 12,1 persen dan sisanya tidak tahu/tidak menjawab 2,3 persen. Pasangan Ganjar Airlangga didukung oleh 84,1 persen, tidak mendukung 11,2 persen, dan tidak tahu/tidak menjawab 4,7 persen.

Menurut Rudi, dukungan kuat terhadap Prabowo-Puan tidak mengejutkan mengingat sudah cukup lama nama keduanya digaungkan oleh berbagai pihak. Prabowo-Puan merepresentasikan dua kekuatan partai politik terbesar di pemerintahan, yaitu PDIP dan Gerindra.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER