Rabu, 1 Desember, 2021

Puan Maharani Kandidat Capres Terkuat dari PDIP, Benarkah?

MONITOR, Jakarta – Teka teki sosok yang ideal untuk menjadi calon presiden 2024 dari partai PDIP membuat sebagian masyarakat penasaran. Beberapa nama mencuat seiring dengan langkah politik yang dijalankan. Salah satu tokoh yang santer diberitakan adalah Puan Maharani.

Anak perempuan dari Megawati Soekarnoputri ini digadang-gadang bakal menjadi penerus Presiden Joko Widodo dalam periode mendatang. beberapa pakar politik setuju jika PDIP memilih Puan untuk menjadi Capres 2024. Salah satunya pakar politik dan analisi Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing.

Emrus mengatakan, Puan memiliki kualitas sebagai calon Presiden RI. Dari rekam jejak nasionalisme, Puan memiliki ideologi nasionalisme yang jelas dan kuat.

“Harus saya sampaikan bahwa Puan satu-satunya calon yang saat ini memiliki jejak ideologis yang jelas dan pasti. Jangan lupa, Puan adalah Anak Ideologis sekaligus Anak Biologis Nasionalisme,” ungkapnya.

- Advertisement -

Maka dalam hal menjaga ideologi nasionalisme, kata dia, Puan tentu lebih pasti untuk tidak perlu diragukan lagi.

“Kalau sekedar ideologis siapa saja masih bisa berubah tetapi Puan lebih dari anak ideologis tapi biologis sehingga sudah pasti tidak akan bergeming sedikitpun komitmennya terkait nasionalisme,” ucap Emrus.

Sebab, lanjut dia, pemimpin tidak cukup bermodalkan popularitas. Semua bisa dipoles untuk memanipulasi persepsi publik.

“Jadi, populer itu hanya di permukaan saja sifatnya. Bukan substantif mengenai kualitas seorang pemimpin,” kata dia.

Menurut Emrus, sosok Puan Maharani adalah pemimpin yang apa adanya, tidak mengedepankan pencitraan, tetapi pemimpin yang bekerja sehingga menimbulkan citra positif.

Selain itu, menurut Emrus, Puan juga punya managerial skill dan leadership skill yang baik dan ada keunggulan lain. “Puan adalah seorang Ibu yang memiliki kemampuan mengayomi anak-anak,” pungkas Emrus. (Mela)

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER