Rabu, 8 Desember, 2021

Menko PMK Minta Warga Jakarta Ramaikan Pasar Kenari Jakpus

MONITOR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengimbau kepada warga Jakarta untuk meramaikan kembali kios buku di Pasar Kenari, Jakarta Pusat.

Menurutnya Muhadjir, saat ini adalah momentum yang tepat karena situasi pandemi Covid-19 yang sudah mulai melandai.

“Ditambah lagi, pusat perbelanjaan buku di Pasar Kenari ini memiliki tempat yang ideal dengan suasana nyaman serta koleksi buku yang sangat beragam,” ujar Menko Muhadjir, Kamis (18/11).

Tanpa sungkan dia menghampiri beberapa kios buku, berbincang, bahkan sambil tawar-menawar buku yang telah dipilihnya sendiri kepada sang penjual.

- Advertisement -

“Salah satu hobi saya memang membeli buku loak karena buku loak itu sudah dibaca orang dan sebelum itu pasti sudah dipilih,” kata Menko.

Mantan mendikbud ini mengaku senang buku loak karena biasanya pasti bagus sehingga tidak perlu repot-repot memilih.

Sudah dipilihkan orang yang membaca buku sebelumnya. Selain itu harganya juga lebih murah.

Muhadjir sangat mengapresiasi para penjual buku yang hingga kini masih setia dan bertahan.

Selain mereka yang dianggap sangat berjasa karena telah membantu upaya pemerintah dalam meningkatkan budaya literasi membaca buku, mereka juga adalah para pejuang UMKM.

“Keluhannya pembeli ya. Dengan adanya Covid-19 ini dan adanya peraturan pengetatan belanja di pasar memang berdampak sekali. Alhamdulillah mereka bisa tetap bertahan,” ucapnya.

Menko PMK berjanji akan mengkoordinasikan langsung kepada pihak-pihak terkait agar membantu para pelaku UMKM, khususnya penjual buku di Pasar Kenari, supaya lebih maju dan terus dapat mengembangkan usaha berjualan bukunya. 

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER