Selasa, 7 Desember, 2021

Jokowi Sebut Banjir Sintang Akibat Catchment Area Rusak

MONITOR, Serang – Musibah banjir yang melanda Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, akhirnya ditanggapi oleh Presiden Joko Widodo. Orang nomor wahid di negeri ini menyatakan bahwa musibah banjir di Sintang disebabkan oleh kerusakan pada daerah tangkapan hujan atau catchment area.

Menurut Jokowi, rusaknya daerah tangkapan hujan tersebut kemudian menyebabkan Sungai Kapuas meluber. Pernyataam ini disampaikan oleh Jokowi usai meresmikan Jalan Tol Serang-Panimbang seksi 1 ruas Serang-Rangkasbitung di Gerbang Tol Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Selasa (16/11/2021) kemarin.

“Iya itu kan memang karena kerusakan catchment area, daerah tangkapan hujan yang sudah berpuluh-puluh tahun dan itu harus kita hentikan karena memang masalah utamanya ada di situ sehingga Kapuas itu meluber karena daerah tangkapan hujannya rusak, itu yang lagi ingin kita perbaiki,” ucap Jokowi kepada awak media.

Bahkan mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyatakan dirinya sudah memerintahkan Menteri LHK untuk turun tangan menangani masalah banjir di Sintang. Selain itu, Jokowi pun memerintahkan Menteri PUPR untuk menangani kerusakan akibat bencana.

- Advertisement -

Kedua menteri ini diminta untuk mempelajari penyebab banjir, dan mempersiapkan langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi banjir di Sintang.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER