Rabu, 24 April, 2024

Pemprov dan KONI Jakarta Diminta Kembangkan Olah Raga Berkuda

MONITOR, Jakarta – Ketua Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) DKI Jakarta periode 2021-2023, Aryo P.S. Djojohadikusumo, meminta Pemerintah Provinsi DKI dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI Jakarta, untuk membuktikan keseriusannya mengembangkan olahraga berkuda sebagai olahraga rekreasi dan olahraga prestasi di ibu kota.

“Keseriusan tentang olahraga ini juga didasari atas olahraga equestrian sebagai olah raga tetap pada olimpiade,” kata Aryo saat pelantikan Ketua Pordasi DKI Jakarta oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Balaikota Kamis (5/11).

Kata Aryo, keseriusan Pemprov DKI untuk mengembangkan olah raga berkuda memenuhi janji Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang pernah berjanji mengenai akan dibangunnya lahan pacuan kuda sebagai pengganti arena pacuan kuda Pulomas yang dihancurkan pada masa pemerintahan sebelum Anies.

Janji tersebut disampaikan kepada Alex Asmasoebrata (Ketua Pordasi sebelumnya).

- Advertisement -

“Dalam rangka memenuhi janji Pak Gubernur yang ingin mendirikan fasilitas olahraga berkuda untuk empat cabang olahraga berkuda yang berada di bawah naungan Pordasi, yaitu pacuan, polo, berkuda memanah, dan equestrian,” ujarnya.

Dikatakannya, dulu DKI Jakarta punya fasilitas olah raga berkuda yang bisa menaungi Ppcuan dan equestrian di Pulomas, akan tetapi diubah jadi hanya bisa dimanfaatkan oleh equestrian saja untuk kepentingan Asian Games 2018 lalu.

“Padahal harusnya bisa dikembangkan jadi fasilitas olah raga Polo dan berkuda memanah juga. Nah, janjinya Pak Gubernur akan membangun lagi fasilitas ini di Tegal Alur atau ditempat lain di DKI Jakarta,” terang Aryo.

Pada kesempatan yang sama, Sekertaris Umum Pordasi DKI Jakarta, Robby F. Asshiddiqie mengatakan, olah raga berkuda merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dikuasai oleh umatnya.

“Selain berenang dan memanah, Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk juga menguasai olahraga berkuda, karena olahraga ini juga mengandung aspek kesehatan, keterampilan, kecermatan, sportivitas, dan kompetisi. Olahraga ini tidak hanya memerlukan kekuatan fisik, tetapi juga intelektualitas yang tinggi,” tutur Robby.

“Jadi menurut saya, sudah selayaknya olahraga berkuda ini dikembangkan dengan serius, dan sudah tepat jika Pak Anies yang menginisiasi Kegiatan Berkuda ini menjadi salah satu olahraga rekreasi dan olahraga prestasi di DKI Jakarta,” sambungnya.

Diketahui, Aryo P.S. Djojohadikusumo terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Pordasi DKI periode 2021-2023. Aryo terpilih dalam musyawarah provinsi luar biasa (Musprovlub) Pordasi DKI Jakarta yang digelar secara virtual langsung dari markas Pordasi DKI di Ki Mangunsarkoro 12, Menteng, Jakarta Pusat, Senin 26 Juli 2021.

Aryo pun menyatakan siap merangkul semua pihak untuk sama-sama bekerja membangun Pordasi DKI Jakarta lebih baik ke depan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER