Kamis, 9 Mei, 2024

Panglima TNI Baru Diharap Lakukan Modernisasi Alutsista

MONITOR, Jakarta – Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa diharapkan memberikan fokus perhatian pada kesejahteraan dan kualitas para prajurit TNI. Pesan ini diungkapkan Anggota Komisi I DPR RI Dave Akbarshah Fikarno.

Selain kesejahteraan prajurit, Dave juga menekankan agar TNI kedepan mampu melakukan modernisasi Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista), serta upaya mitigasi konflik baik yang ada di dalam negeri maupun ancaman dari luar negeri.

“Itulah yang menjadi concern kita (Komisi I) juga untuk ditanyakan saat fit and proper test. Terus juga bagaimana pendidikan keluarga prajurit terutama yang ada di daerah 3T, penanganan permasalahan di Papua, terus juga ada potensi konflik di Aceh, itu yang ingin kita dengar dari Beliau,” kata Dave di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (4/11/2021).

Selain ketiga aspek tersebut, Dave juga berharap Andika Perkasa dapat mengharmonisasikan hubungan antara TNI dan Polri, sebab kedua institusi ini harus bekerjasama untuk mengupayakan keamanan dan kedaulatan negara.

- Advertisement -

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi telah mengirimkan Surat Presiden (surpres) kepada DPR RI sebagai calon tunggal Panglima TNI agar segera mendapatkan persetujuan melalui fit and proper test. Berdasarkan rapat internal Komisi I DPR RI, Kamis (4/11/2021), fit and proper test Calon Panglima TNI dilakukan pada Sabtu 6 November 2021 pada pukul 10.00 WIB.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER