Kamis, 25 April, 2024

Wagub DKI Klaim Penanganan Banjir di Ibukota Kini Lebih Baik

MONITOR, Jakarta – Dalam penanganan banjir di Ibukota, Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria menyebutkan adanya peningkatan progres. Peningkatan terjadi secara signifikan.

“Satu priode ini teman-teman ada progres yang baik yang signifikan terkait pengendalian banjir, penanganan kemacetan di Jakarta, udara bersih, air bersih dan sebagainya,” ujarnya kepada wartawan, Senin malam (1/11/2021) malam.

Orang nomor dua di Jakarta ini pun mejelaskan, bahwa Jakarta merupakan kota yang datarannya rendah. Sementara sumber potensi banjir yang datang ada tiga. Pertama, banjir rob dari Utara. Kedua, kiriman dari wilayah Barat. Ketiga, banjir dari hujan lokal.

Dari tiga sumber potensi banjir di Jakarta tersebut, Ia mengatakan, sejumlah program dalam pengendalian banjir di Ibu Kota.

- Advertisement -

“Diantaranya adalah membuat tanggul, kerja sama dengan pemerintah pusat. Kedua mengatasi banjir kiriman itu pemerintah pusat membuat waduk di Cimahi dan Ciawi. Dalam proses mudah-mudahan akhir tahun ini selesai,” paparnya.

“Ketiga menghadapi banjir dari hujan lokal itu kita meningkatkan daya tampung air dengan cara melakukan program-program pengerukan situ, waduk, embung dan lain-lain, memperluas waduk,” sambungnya.

Selain itu, Pemprov DKI juga terus melakukan upaya seperti ada program gerebek lumpur, dan membuat sumur resapan. Lanjutnya, dalam mengatasi persolan banjir tidak bisa diselesaikan dalam waktu yang singkat.

Menurutnya, persoalan banjir ini tidak bisa selesai dalam satu-dua periode kepemimpinan. Ia berujar dalam menangani persoalan banjir ini perlu waktu.

“Jadi dari gubernur sebelumnya, dari sebelum jaman Bang Yos, Bang Foke, Jokowi, Ahok, Pak Djarot, sekarang Pak Anies ya semua terus nanti siapapun berikutnya punya program pencegahan, penanganan, pengendalian banjir,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER