Jumat, 26 April, 2024

Empat Tahun Berturut-turut, KIP Anugerahi DKI Gelar Pemda Informatif

MONITOR, Jakarta – Kabar gembira bagi warga Ibu kota. Selama empat tahun berturut-turut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meraih penghargaan sebagai Pemerintah Daerah Berkualifikasi informatif dari Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia (KIP RI).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pun menerima secara virtual penghargaan tersebut dari Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin dalam acara Penganugerahan KIP tahun 2021.

Diketahui, Pemprov DKI Jakarta berhasil mempertahankan prestasi dalam hal Keterbukaan Informasi Publik sejak tahun 2018. Pemprov DKI Jakarta meraih penghargaan sebagai Pemda Berkualifikasi Informatif berdasarkan sejumlah indikator, yaitu pengembangan website, pengumuman informasi publik, pelayanan informasi publik, dan penyediaan informasi publik.

Menurut Anies, kolaborasi yang baik antarbadan publik, yaitu Pemprov DKI Jakarta, Komisi Informasi, dan masyarakat sangat krusial untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik, serta menjadi bagian dari upaya memberikan jaminan informasi publik kepada seluruh warga Jakarta.

- Advertisement -

“Sepanjang tahun 2021, Pemprov DKI Jakarta terus mengembangkan inovasi dan kolaborasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi yang cepat dan akurat sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Anies Baswedan.

Selain itu, dijelaskan Anies, pihaknya juga memaksimalkan inovasi teknologi informasi berbasis website yaitu corona.jakarta.go.id, aplikasi berbasis mobile, seperti aplikasi PPID dan super apps JAKI yang terus dikembangkan untuk menyajikan data terbaru terkait perkembangan Covid-19 dan informasi penting lainnya.

Inovasi lainnya adalah menyediakan kanal aduan dan klarifikasi melalui kanal Jakarta Lawan Hoaks (JalaHoaks) pada website: jalahoaks.jakarta.go.id dan akun media sosial Instagram dengan ID: Jalahoaks. Pemprov DKI Jakarta juga tetap menyediakan data terbuka melalui Portal Jakarta Open Data pada alamat data.jakarta.go.id, serta data berbasis geospasial yang dapat diakses di website jakartasatu.jakarta.go.id.

“Terima kasih dan apresiasi atas peran dari Komisi Informasi Pusat dan Daerah Provinsi DKI Jakarta yang berkolaborasi dalam membantu Provinsi DKI untuk memberikan informasi dengan cepat, dengan tepat kepada masyarakat,” ucap mantan Mendikbud RI itu.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER