Kamis, 28 Oktober, 2021

Kejar Target, Vaksinasi Covid-19 di Depok Sasar Lansia dan ODGJ

MONITOR, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Limo melaksanakan vaksinasi Covid-19 secara door to door. Sasaran puskesmas adalah para lansia, disabilitas hingga Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Kepala Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Limo, Winarni Naweng Triwulandari mengatakan, sebanyak 21 lansia, 3 disabilitas hingga 17 ODGJ telah diberikan vaksin melalui layanan door to door.

“Kami door to door untuk meningkatkan layanan vaksinasi ke masyarakat yang memiliki keterbatasan. Yang tidak dapat mengunjungi sentra vaksin atau lokasi vaksinasi yang dibuka oleh Puskesmas Limo,” kata Naweng kepada wartawan, dikutip Jumat (15/10).

Dijelaskannya, setiap lansia maupun penyandang disabiltas yang dikunjungi untuk vaksin merupakan hasil dari Survei Berbasis Masyarakat (SBM) yang dilakukan kader. Para kader SBM ini yang membantu puskesmas untuk mendata serta menindaklanjuti berbagai penyakit di masyarakat.

- Advertisement -

“Selama pandemi, terutama di tahun 2021 yang telah terjadi lonjakan kasus positif gelombang 2, peran kader SBM sangat besar dalam membantu Puskesmas Limo untuk memberikan tatalaksana bagi pasien Covid -19 yang ada di lingkungan,” jelasnya.

Lanjut Naweng, saat pendataan, respons positif didapatkan para kader dari keluarga lansia dan disabilitas. Menurut Naweng, mereka menilai ada kemudahan untuk memperoleh vaksinasi Covid-19.

“Harapan kami lansia dan disabilitas yang memiliki keterbatasan untuk datang ke lokasi vaksinasi dapat menginformasikan ke kader SBM, sehingga mereka tetap dapat disuntik vaksin. Meski tidak bisa mendatangi lokasi vaksinasi maupun sentra vaksin,” tutupnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER