Sabtu, 27 April, 2024

Melihat Lebih Dekat Jika Indonesia Menjadi Tuan Rumah KTT G20

MONITOR, Jakarta – KTT G20 menjadi perhatian dunia di kala pandemi. Pertemuan bilateral antar negara tersebut membahas tentang masalah di setiap negara, tak terkecuali Indonesia.

Kini, berbagai persiapan tengah dilakukan Indonesia untuk menjadi tuan rumah KTT G20 pada 2022. Tongkat estafet Presidensi G20 akan diserahkan secara resmi oleh PM Italia kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 30-31 Oktober 2021 mendatang, di Roma. Ini merupakan kali pertama Indonesia menjadi Presidensi G20, sejak forum ini dibentuk pada 1999 yang lalu.

G20 merupakan forum ekonomi global yang dibentuk sebagai respons terhadap krisis ekonomi pada tahun 1997 / 1998. G20 beranggotakan 19 negara utama penggerak ekonomi dunia, termasuk Indonesia, dan satu perwakilan regional yaitu Uni Eropa, yang memiliki PDB terbesar di dunia. Kelompok negara ini berkontribusi pada 85 persen PDB dunia, 75 persen perdagangan dunia, dan 80 persen investasi global, serta meliputi dua pertiga populasi penduduk dunia.

Dalam menentukan presidensi, G20 memiliki mekanisme regional basket rotation dimana saat ini adalah giliran negara yang berada di basket Asia. Presidensi G20 Indonesia di tahun 2022 merupakan kali pertama bagi Indonesia, karena dari basket Asia, baru 4 negara yaitu Jepang, RRT, Korea Selatan dan Saudi Arabia yang sudah pernah menjadi tuan rumah Presidensi G20.

- Advertisement -

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Panitia Nasional
Penyelenggara Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022, Kementerian Koordinator
Bidang Perekonomian bersama dengan Kementerian Luar Negeri akan mengoordinasikan bahasan topik non keuangan (Sherpa Track); Kementerian
Keuangan dan Bank Indonesia akan mengoordinasikan bahasan topik keuangan
(Finance Track); sementara Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan
Keamanan akan mengoordinasikan Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara,
sedangkan Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai Ketua Bidang Komunikasi dan Media.

”Pemerintah Indonesia akan menjalankan Presidensi G20 ini dengan mengoptimalkan manfaat bagi bangsa Indonesia, di bidang ekonomi, pembangunan sosial dan juga politik. Ini adalah momentum penting untuk menunjukkan kepemimpinan Indonesia dan juga menjadikan Indonesia sebagai role model pemulihan ekonomi di tengah pandemi

Covid-19,” kata Ketua I Bidang Sherpa Track, Menteri Koordinator Bidang
Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam keterangannya, Rabu (15/9/2021).

Pemerintah memperkirakan dari aspek ekonomi, beberapa manfaat langsung yang dapat dicapai jika pertemuan dilaksanakan secara fisik adalah peningkatan konsumsi domestik hingga Rp 1,7 triliun, penambahan PDB nasional hingga Rp 7,4 triliun, pelibatan UMKM dan penyerapan tenaga kerja sekitar 33 ribu di berbagai sektor.

”Dengan sekitar 150 pertemuan selama setahun penuh, secara agregat Pemerintah memperkirakan manfaat ekonomi yang mungkin timbul dari pelaksanaan rangkaian kegiatan Presidensi G20 Indonesia dapat mencapai 1,5 sampai 2 kali lebih besar dari pelaksanaan IMF-WBG Annual Meetings 2018 di Bali,” ujar Menko Airlangga.

Selain itu, Presidensi G20 juga memberikan momentum bagi Indonesia untuk
menampilkan keberhasilan reformasi struktural di tengah pandemi, antara lain dengan Undang Undang Cipta Kerja dan Sovereign Wealth Fund yang diyakini dapat meningkatkan kepercayaan Investor Global pada Indonesia dan membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Pemerintah juga berkomitmen untuk menggunakan forum G20 untuk mendorong kepentingan Indonesia terkait pengembangan kualitas sumber daya manusia, serta kerjasama produksi dan distribusi vaksin.

Sudah siap jadi Tuan Rumah Pada penutupan Seventh Group of 20 Parliamentary Speakers’ Summit (P20) di Roma, Italia, Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan Indonesia siap menjadi tuan rumah forum parlemen negara G20 tahun depan. Puan juga mengundang secara resmi pimpinan parlemen negara G20 untuk hadir.

“Kami mengucapkan apresiasi atas kepemimpinan dan capaian Presidensi Italia dalam rangkaian acara G20 tahun ini, termasuk dengan menyelenggarakan P20,” kata Puan.

saat menerima estafet kepemimpinan P20 dari Italia di Roma, Jumat, 8 Oktober 2021 waktu setempat.

Gelaran tahunan negara-negara G20 akan diselenggarakan di Indonesia pada
September 2022. P20 yang merupakan forum parlemen negara-negara G20
diselenggarakan dalam satu rangkaian KTT G20.

Presiden Joko Widodo akan menerima tongkat estafet Presidensi G20 dari Italia pada akhir Oktober mendatang.

“Mulai 1 Desember 2021, Indonesia mendapat kepercayaan
memegang Presidensi G20. Kami siap untuk melanjutkan kesuksesan Presidensi G20 Italia,” ujar Puan.

Menurut perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini, Presidensi G20 Indonesia mengambil tema “Recover Together, Recover Stronger” untuk menjawab tantangan global. Puan kemudian mengungkap isu-isu prioritas Presidensi G20 Indonesia.

“Yaitu meningkatkan produktivitas, membangun ekonomi dunia yang tangguh dan stabil, mendorong pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan, menciptakan lingkungan yang kondusif bagi kemitraan antar-pemangku kepentingan, serta memperkuat kepemimpinan kolektif global,” tuturnya.

Puan menekankan, dunia perlu bersatu untuk menyelesaikan masalah global secara bersama. Karena itu, Indonesia juga akan menekankan pentingnya kemitraan dan inklusivitas selama Presidensi G20.

“Indonesia tidak hanya akan memperhatikan kepentingan anggota G20 saja, namun juga kepentingan negara berkembang, di Asia, Afrika, Amerika Latin, termasuk negara- negara kepulauan kecil di Pasifik dan Karibia,” kata Puan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER