Kamis, 21 Oktober, 2021

Sandiaga: Distribusi BIP Harus Tepat Sasaran, Manfaat dan Waktu

MONITOR, Jakarta – Kesuksesan Sri Gusti menggali potensi usaha serta membuka lapangan kerja bagi warga setempat membuatnya terpilih menjadi salah satu penerima Bantuan Insentif Pemerintah (BIP). Ibu rumah tangga yang kini menjadi wirausahawan itu pun dibanggakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno .

Menurut Menparekraf, Sri sukses beradaptasi dan memanfaatkan peluang untuk mengembangkan usaha. Oleh karena itu, agar usahanya dapat tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19, Kemenparekraf menyalurkan BIP yang berupa permodalan hingga pelatihan itu kepada Sri serta puluhan pelaku UMKM lainnya.

“Tadi saya serahkan kepada Ibu Sri Gusti yang membuka lapangan kerja usaha-usaha mikro dan usaha-usaha kecil yang termasuk dalam JPU (Jaring Pengaman Usaha),” ungkap Sandiaga Uno dalam sosialisasi Program Kabupaten Kota (KaTa) Kreatif Hotel Puri Asri, Magelang, Jawa Tengah pada Kamis (7/10/2021).

Menparekraf mengakui bahwa besaran BIP yang disalurkan Kemenparekraf lebih rendah dibandingkan dengan rencana. Pasalnya, sebagian besar anggaran telah dialihkan untuk penanganan covid-19. Walau begitu, dirinya berharap BIP mampu membantu para pelaku UMKM untuk bertahan dan mempersiapkan diri jelang pembukaan pariwisata era baru.

- Advertisement -

“Memang ada refocusing anggaran terkait penanganan Covid-19, jadi saya mengarahkannya bahwa yang harus didahulukan adalah mereka yang betul-betul membutuhkan, sehingga tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu,” ungkap Sandiaga Uno.

Sandiaga menambahkan, saat ini yang disentuh pihaknya adalah usaha mikro yang memang besarannya lebih diperkecil. “Tapi tetap kami lakukan sebagai bukti kehadiran pemerintah untuk membantu para pelaku usaha menghadapi lonjakan pariwisata,” tambahnya.

Sementara itu, Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz mengucapkan terima kasih atas kunjungan Sandiaga Uno ke Kota Magelang. Dia berharap kehadiran Sandiaga Uno mampu membesarkan nama Kota Magelang, sehingga lebih diterima wisatawan Nusantara dan mancanegara.

Dia berharap kedatangan Menparekraf ke Kota Magelang membuat kota itu semakin dikenal dan bisa diterima seluruh Indonesia dan luar negeri.

“Harapan kami ini menjadi semangat untuk kami yang ada di daerah, mudah-mudahan kehadiran beliau menjadi semangat buat semuanya. Terima kasih Pak Menteri sudah hadir di sini, mudah-mudahan tidak sekali, tapi kembali mampir,” jelasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER