Kamis, 28 Oktober, 2021

Sandiaga Sebut DIA 2021 Picu Lahirnya Inovasi Digital

MONITOR, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi Digital Innovation Award (DIA) yang diciptakan MNC Portal Indonesia. Baginya, acara ini dapat memicu lahirnya inovasi-inovasi digital lain di berbagai bidang.

“Saya apresiasi sekali Digital Innovation Award (DIA) karya MNC Portal Indonesia. Mudah-mudahan program ini dapat menjadi pemicu lahirnya inovasi-inovasi digital di berbagai bidang,” kata Sandiaga dalam keterangan resminya, Selasa (5/10/2021).

Sandiaga pun menyampaikan terima kasih karena sudah dilibatkan dalam program DIA 2021 ini sebagai satu dari tiga juri kehormatan. “Terima kasih juga sudah mengundang saya menjadi juri kehormatan pada DIA 2021. Ini merupakan acara yang sangat prestige dari MNC Portal Indonesia,” ungkapnya.

Sandiaga mengatakan, salah satu bidang inovasi digital yang cukup penting yang masuk dalam DIA 2021 ini adalah kategori digital innovation for disaster risk reduction. Menurutnya, inovasi untuk mitigasi bencana amatlah penting di Indonesia.

- Advertisement -

“Indonesia adalah negara yang banyak mengalami tantangan dari segi bencana yang silih berganti datang dan merupakan keniscayaan,” kata Sandiaga. Karena itu, inovasi digital di kategori ini sangatlah berguna bagi masyarakat luas.

Selanjutnya, kategori lain adalah digital innovation for public service. Menurut pria yang akrab disapa Mas Menteri ini, kadang-kadang pelayanan publik menjadi tantangan bahwa pemimpin terpilih bukannya yang melayani publik, tetapi pemimpin yang ingin dilayani publik.

“Ini harus disiasati dengan inovasi-inovasi digital. Termasuk juga pelibatan publik untuk menilai pelayanan publik yang dilakukan oleh kepala-kepala daerah,” katanya.

Kategori berikutnya berkaitan erat dengan tugas Mas Menteri, yaitu digital innovation for tourism and travel. “Inovasi di bidang ini sangat dibutuhkan, baik untuk pemerintah maupun pentahelix,” ujarnya.

Sandiaga melanjutkan, kategori digital innovation for sustainable business yang dihadirkan di DIA 2021 pun sangat penting, karena kedepannya, ekonomi Indonesia akan sangat bersinggungan dengan sustainable development goals (SDG).

Dan terakhir kategori digital innovation for creative industries, termasuk selebritis. “Seperti Prabu Revolusi, dia merupakan selebgram sama istrinya. Mereka selalu mengunggah konten menarik di media sosial dan menjadi inspirasi kita semua,” tambahnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER