Kamis, 21 Oktober, 2021

Jangan Anggap Remeh! Ini 7 Penyebab Perempuan Kerap Sakit Perut Bawah Sebelah Kiri

MONITOR – Kita seringkali merasakan sakit perut. Penyebabnya pun beragam, mulai dari mengonsumsi makanan terlalu pedas, minum minuman yang asam, dan lain-lain. Namun, bagaimana jadinya kalau perut terasa sakit tapi bukan karena alasan tersebut? Misalnya sakit perut bawah sebelah kiri.

Biasanya jika mengalami sakit sebelah kiri, bisa jadi ada hubungannya dengan saluran pencernaan. Sekadar informasi, usus besar terletak pada bagian kiri perut. Nah, untuk perempuan, di bagian itulah letak ovarium berada.

Nah, jika kita merasakan sakit yang tidak terlalu menyakitkan, janganlah terlalu merasa khawatir. Hal ini dikarenakan rasa sakitnya akan  hilang dengan sendirinya dan tidak membutuhkan waktu lama.

Namun, jika rasa sakitnya tidak bisa tertahankan lagi dan berlangsung selama lebih dari dua hari, kita sebisa mungkin untuk menjalani pemeriksaan medis. Agar bisa meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

- Advertisement -

Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan sakit perut bawah sebelah kiri. Begini penjelasannya:

  1. Ovulasi

Salah satu hal yang menyebabkan sakit perut bawah sebelah kitu adalah terjadinya ovulasi. Kondisi yang satu ini dikenal pula sebagai masa subur, yang mana akan menimbulkan   rasa sakit atau kram pada bagian perut bawah. Gejala yang akan dirasakan apabila seseorang mengalami ovulasi biasanya ia merasakan mual. Selain itu, umumnya juga akan terjadi keputihan.

  1. Penyakit Ginjal

Selain ovulasi, penyebab sakit perut bawah sebelah kiri bisa jadi menandakan adanya gangguan pada ginjal. Entah itu infeksi ginjal atau batu ginjal.

Apabila mengalami infeksi ginjal, gejala yang akan dirasakan biasanya merasa sakit perut sebelah kiri bawah, demam, mual, muntah, sampai nyeri di pangkal paha. Sedangkan jika mengalami batu ginjal, gejala yang umum dirasakan yakni sering buang air kecil, merasa panas saat buang air kecil, dan terdapat darah pada  urine.

  1. Peradangan Pankreas

Orang yang merasakan sakit perut bawah sebelah kiri umumnya mengalami gangguan atau peradangan pada  pankreas. Gejala yang dirasakannya sendiri biasanya sakit pada perut bagian kiri atas hingga ke punggung.

Selain itu, gangguan lain yang akan dirasakan yakni timbul rasa sakit saat sedang berbaring, makan, atau minum. Lalu, gejala nya akan diikuti oleh diare, demam, perut terasa sakit saat disentuh, hingga muntah.

  1. Radang Usus Besar

Umumnya saat merasakan sakit perut bawah sebelah kiri, itu artinya tubuh seseorang sedang mengalami peradangan. Salah satunya radang usus besar. Penyakit ini bisa terjadi karena dinding saluran pencernaan mengalami peradangan.

Adapun gejala yang ditimbulkan biasanya  diare, merasa lelah, badan jadi lebih kurus, sampai feses keluar darah. Jika hal ini terjadi, biasanya rasa sakit akan hilang jika penderita sudah buang air besar.

  1. Gastritis

Hal lain yang dapat menjadi salah satu  penyebab sakit perut bawah sebelah kiri yakni  gastritis. Penyakit yang satu ini bisa terjadi karena lapisan pada lambung mengalami iritasi atau  peradangan. Sampai akhirnya timbul rasa sakit.

Kondisi ini biasanya terjadi karena bakteri yang kemudian menghasilkan lendir di lapisan lambung. Untuk gejala yang umum dirasakan di antaranya mual, muntah, hingga perut terasa penuh jika sudah  makan.

  1. Kista Indung Rahim

Kista indung rahim merupakan pertumbuhan tumor jinak berisi cairan yang tumbuh di dalam atau permukaan indung rahim. Perempuan sendiri mempunyai satu pasang indung rahim, yang masing-masingnya berukuran sebesar kacang almond, yang terletak di setiap sisi rahim.

Tak jarang, beberapa wanita mempunyai kista indung rahim pada beberapa titik sepanjang hidup mereka. Kista indung rahim  umumnya tidak berbahaya. Namun memang diharuskan menjalani pemeriksaan. Walaupun pada akhirnya akan menghilang tanpa pengobatan dalam beberapa bulan.

  1. Kehamilan Ektopik

Jika merasakan sakit perut bawah sebelah kiri, bisa jadi hal ini disebabkan karena kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik bisa terjadi lantaran  embrio tertanam di luar rahim. Yang mana umumnya ada di dalam saluran yang menghubungkan rahim dan indung telur.

Perlu diketahui, jika kehamilan ektopik dapat disebut sebagai kehamilan tak layak. Kehamilannya tentu berbahaya dan dapat menyebabkan risiko yang tinggi. Seseorang yang mengalami kondisi seperti ini biasanya akan merasakan sakit pada punggung bagian bawah, sakit pada bagian panggul, merasa mual,  perdarahan vagina abnormal, hingga nyeri payudara.

Dari beberapa gangguan yang sudah disebutkan, memang ada yang berbahaya dan tidak. Namun untuk meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan, alangkah lebih baik untuk tetap memeriksakannya ke dokter, supaya bisa segera mendapatkan penanganan medis.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER