Sabtu, 20 April, 2024

Jokowi Bangga PLBN Sota di Perbatasan RI-Papua Nugini Rampung

MONITOR, Merauke – Presiden Joko Widodo mengungkapkan akhirnya ada satu lagi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang selesai dibangun di perbatasan negara Indonesia, yaitu PLBN Sota di Kabupaten Merauke.

PLBN ini merupakan perbatasan Indonesia menuju Papua Nugini, yang dibangun dengan nilai investasi Rp114,04 miliar di atas areal seluas 5,6 hektare. Dikatakan Jokowi, PLBN Sota merupakan PLBN ke-8 yang dibangun di perbatasan Indonesia pada tahun 2019, dan jadi PLBN kedua di Papua setelah PLBN Skouw di Jayapura.

PLBN Sota dibangun dengan sejumlah fasilitas umum dan sosial, seperti mes pegawai, tempat ibadah, pasar, jalan pedestrian, area parkir, dan fasilitas pendukung lainnya.

“Saya berharap PLBN Sota dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat Indonesia yang akan melintasi perbatasan Indonesia menuju Papua Nugini. Selain itu, PLBN ini juga diharapkan mampu meningkatkan keamanan di wilayah perbatasan,” tutur Jokowi saat meninjau lokasi, Minggu (3/10/2021).

- Advertisement -

Ia menegaskan PLBN merupakan cerminan komitmen pemerintah untuk membangun Indonesia dari kawasan perbatasan. Dengan wajah dan pelayanan baru yang lebih baik, Jokowi berharap PLBN menjadi representasi kemajuan Indonesia di kawasan perbatasan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER