Kamis, 21 Oktober, 2021

Sandiaga Ungkap Alasan Ekraf Tetap Tumbuh ditengah Pandemi

MONITOR, Jakarta – Meski pandemi memberi pukulan telak bagi banyak pelaku usha, namun menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, sektor ekonomi kreatif tetap berpotensi untuk tumbuh dan berkembang di tengah pandemi Covid-19.

Sandiaga mengatakan bahwa jumlah kontraksi ekonomi kreatif tidak sedalam ekonomi lain. Adapun beberapa sektor yang memiliki peluang untuk terus berkembang di tengah pandemi adalah kuliner, fashion, game, hingga kriya.

“Minus 2,5 persen dan ekspor minus 13 persen, berarti ada peluang untuk sektor andalan seperti kuliner, kriya, fashion, dan sektor prioritas seperti game dan aplikasi untuk tumbuh berkembang menciptakan peluang untuk anak muda,” kata Sandiaga Uno dalam keterangan resminya, Sabtu (2/9/2021).

Di samping itu, Sandiaga mengatakan, peluang usaha di sektor ekonomi kreatif sangat beragam di mana lapangan kerja yang tercipta lebih dari 20 juta. Ini menjadikan sektor ekonomi kreatif sebagai penyumbang lapangan kerja terbesar di Indonesia.

- Advertisement -

Lebih lanjut, berkembangnya ekonomi kreatif di Indonesia didukung dengan program digitalisasi. Sandiaga menegaskan bahwa potensi pasar ekonomi digital di Indonesia sangatlah besar, di mana total 175 juta pengguna internet didominasi anak muda.

Dia menyebut, pertumbuhan nilai e-commerce diperkirakan mencapai 53 miliar dolar AS pada 2025. Oleh karena itu, diperlukan konsolidasi dan kolaborasi pentahelix dari pemerintah, akademisi, pelaku usaha, komunitas dan media massa dalam strategi pengembangan ekonomi kreatif.

“Kita perlu banyak sekali talenta terutama untuk ekonomi digital dan kreatif yang bisa mengembangkan produk kreatif unggulan,” kata Sandiaga.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER